eprintid: 36773 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/67/73 datestamp: 2019-12-03 06:11:43 lastmod: 2019-12-03 06:11:43 status_changed: 2019-12-03 06:11:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURKOMALA HAYATI, NIM. 15210006 title: KOMODIFIKASI DAKWAH PADA DESAIN DI AKUN INSTAGRAM @THAMIMCHLOTES ispublished: pub subjects: kom_sos divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: komodifikasi, Pesan dakwah note: Drs. H. AKHMAD RIFAI M. Phil abstract: Perkembangan dakwah Islam salah satunya diterapkan sebagai objek desain yang ditawarkan melalui media sosial sehingga mendatangkan keutungan. Thamim clothes menjadi salah satu brand yang memakai dakwah sebagai objek dari desain pada kaus yang dipasarkan di Instagram. Penelitian ini dilatar belakangi oleh unsur-unsur dakwah pada desain di akun Instagram @thamimclothes untuk menarik minat para konsumen. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana bentuk komodifikasi dakwah pada desain @thamimclothes. Selain melihat indikator komodifikasi dakwahnya, penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana proses pembuatan desain dakwah dilakukan @thamimclothes? Penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang termasuk jenis penelitian analisis isi. Anasilis isi yang digunakan adalah Semiotika menurut Charles Sanders Peirce. Desain dan pendapat pihak brand Thamim Clothes menjadi data utama. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang diperoleh dari akun Instagram @thamimclothes dan wawancara dari pihak brand Thamim Clothes. Setelah dilakukan analisis, dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini yang menunjukkan adanya komodifikasi dakwah pada desain di akun Instagram @thamimclothes. Hasilnya diketahui dari adanya unsur-unsur pesan dakwah pada desain yang merupakan desain kaus mereka. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara terhadap pemilik brand Thamim Clothes, mengatakan bahwa gagasan dakwah sebagai desain itu diambil dari ayat suci Al Quran, hadis Nabi, dan pendapat para ulama. date: 2019-08-26 date_type: published pages: 166 institution: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NURKOMALA HAYATI, NIM. 15210006 (2019) KOMODIFIKASI DAKWAH PADA DESAIN DI AKUN INSTAGRAM @THAMIMCHLOTES. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36773/1/15210006_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36773/2/15210006_BAB%20II_BAB%20III.pdf