relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36795/ title: DAMPAK STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEDIA DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA creator: PRADICKA ZAHRA PERTIWI, NIM. 15140061 subject: Ilmu Perpustakaan description: The purpose of this study is to know what kind of media and learning models are used in science learning, knowing students ' understanding of media literacy in science learning and for knowing the impact of literacy Media in science studies at SMA Negeri 1 Yogyakarta. The usefulness of this research is to provide a detailed description of the media and science learning model, providing an understanding to teachers of science in the concept of media iterations, obtaining information descriptions About the impact of media literacy and students ' understanding of the media in the study of Science in SMA Negeri 1 Yogyakarta. Methods of collecting data using interviews, observations, and documentation. To analyse research data using Spreadly's theories through domain analysis, taxonomy, components, and cultural theme analysis. The validity test of the data in this study is, test credibility, by means of observation extensions, increased diligence, triangulation and Membercheck, test trasnferability, and test confirmability. The result of this study was 1. The type of learning media used in science learning in SMA Negeri 1 Yogyakarta is a human-based learning media that includes: Participatory learning, Team quiz, and cooperative learning; Printbased media that includes: textbooks and loose sheets; Visual-based media (video); and utilization of libraries as learning resources; Learning media types that are applied based on the researchers, namely the Whiteboard media, power points, electronic media, Internet, Geogebra applications. 2. Science learning Model used in accordance with the theory of Fathonah, Siti and Zuhdan K. Prasetyo 2014 and the findings of the model learned about exercise discussion. 3. Students are able to access, understand, explore and evaluate content actively and critically used in science learning through a variety of forms of messages contained in various media. 4. The impact of positive media literacy for teachers makes it easy for teachers and make learning effective, for students to make it easier to understand the material, improve literacy skills, negative impact is students ' failed focus in learning, teachers and students Cannot control the existing negative media content. ( INDONESIA ) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jeni- jenis media dan model pembelajaran apa saja yang digunakan dalam pembelajaran sains, mengetahui pemahaman siswa mengenai literasi media dalam pembelajaran sains dan untuk mengetahui dampak literasi media dalam pembelajaran sains di di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk memberkan gambaran secara terperinci mengenai media dan model pembelajaran sains, memberikan pemahaman kepada guru pengampu mata pelajaran sains mengenai konsep iterasi media, memperoleh deskripsi informasi mengenai dampak literasi media dan pemahaman siswa dalam berliterasi media pada pembelajaran sains di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teori Spreadly melalui analisis domain, taksonomi, komponensial, dan analisis tema budaya. Uji Keabsahan data dalam penelitian ini adalah, uji credibility, dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi dan membercheck, uji trasnferability, dan uji confirmability. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Jenis media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran sains di SMA Negeri 1 Yogyakarta adalah media pembelajaran berbasis manusia yang meliputi: pembelajaran partisipatori, kuis tim, dan pembelajaran kooperatif; media berbasis cetakan yang meliputi: buku teks dan lembaran lepas; media berbasis visual (video); dan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar; jenis media pembelajaran yang diterapkan berdasarkan peneliti yaitu media papan tulis, power poin, media elektronik, internet, aplikasi geogebra. 2. Model pembelajaran sains yang digunakan sesuai dengan teori Fathonah, Siti dan Zuhdan K . Prasetyo 2014 dan temuan model pembelajaran pembahasan latihan soal. 3. siswa mampu untuk mengakses, memahami, mengeksplorasi dan mengevaluasi konten secara aktif dan kritis yang digunakan dalam pembelajaran sains melalui beragam bentuk pesan yang termuat di berbagai media. 4. Dampak literasi media yang positif bagi guru memudahkan guru dan membuat pembelajaran menjadi efektif, bagi siswa mempermudah dalam memahami materi, meningkatkan keterampilan literasi, dampak negatif adalah siswa gagal fokus dalam belajar, guru dan siswa tidak dapat mengendalikan konten negatif yang ada media. date: 2019-09-16 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36795/1/15140061_BAB%20I_%20BAB%20V%20DAN%20DAFTAR%20PUSTAK_LAMPIRAN.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36795/2/15140061_BAB%20II_BAB%20III%20DAN%20BAB%20IV.pdf identifier: PRADICKA ZAHRA PERTIWI, NIM. 15140061 (2019) DAMPAK STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEDIA DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.