eprintid: 36810 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/03/68/10 datestamp: 2019-12-05 01:16:30 lastmod: 2019-12-05 01:16:30 status_changed: 2019-12-05 01:16:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Syaiful Maulana, NIM 15210064 title: KONSTRUKSI BERITA TENTANG KAMPANYE PEMILU PRESIDEN DI PESANTREN DALAM PROGRAM BERITA DI TV ONE PERIODE SEPTEMBER-OKTOBER 2018 ispublished: pub subjects: kom_bud divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: Analisis Wacana Kritis, Kampanye Pemilu Presiden 2019, Program Berita di TV One. note: Dr. H.M. Kholili, M.Si. abstract: Hasil penetrasi televisi dari survey yang dilakukan oleh Neilsen pada tahun 2017 televisi menduduki peringkat pertama dengan hasil 96 persen. Televisi juga menghasilkan program acara-program acara seperti program berita dan program non berita. Program berita yang di produksi media ini memiliki proses yang dinamakan konstruksi. Berita yang di konstruksi dibuat wartawan dan para pimpinan redaksi yang selanjutnya ditayangkan kepada masyarakat. Penelitian ini mengunakan Analisis Wacana Kritis dari Fairclough, berdasarkan 3 unsur kerangka teori yaitu fungsi agenda setting, strategi framing dan fungsi bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari tayangan berita tentang kampanye di pesantren pada program berita di TV One periode September-Oktober melalui akun resmi channel youtube TV One. Program berita TV One dalam memberitakan tentang kampanye Pemilu presiden tidak memiliki porsi yang sama antar kedua pasangan calon. Kesimpulannya adalah ada 4 program berita yaitu Kabar Pagi, Kabar Siang, Kabar Petang dan Kabar Pemilu. Dari keseluruhan program berita tersebut hanya terdapat 10 berita tentang kampanye Pemilu Presiden di pesantren. Tayangan Kabar Pagi memberitakan 2 berita dilanjut Kabar Siang 3 berita, Kabar Petang 3 berita dan Kabar Pemilu 2 berita. Tayangan yang memberitakan kampanye KH Ma’ruf Amin ada 5 berita, tentang kampanye Prabowo-Sandi ada 1 berita sementara tentang Prabowo saja ada 2 berita dan 2 berita netral sementara Joko Widodo tidak pernah diberitakan. Hal ini menunjukan bahwa berita 01 lebih unggul dalam jumlah tayangan, perlakuan atas peristiwa dan kelengkapan beritanya. Program berita di TV One selalu mengaitkan kunjungan Ma’ruf Amin ke pesantren dengan Pilpres 2019 seperti penyampaian visi misi, mohon doa restu dan dukungan dari warga pesantren. Condongnya program berita di TV One dalam memberitakan KH Ma’ruf Amin didasari atas dorongan pribadi seperti apa yang dikatakan Asisten Produser dari salah satu program berita di TV One di samping itu ada salah satu Komisaris TV One yang menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf yaitu Erick Thohir. Walaupun ada instruksi dari Pimpinan Redaksi untuk netral tapi tetap pimpinan tertinggi berada di Komisaris. date: 2019-08-08 date_type: published pages: 162 institution: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Syaiful Maulana, NIM 15210064 (2019) KONSTRUKSI BERITA TENTANG KAMPANYE PEMILU PRESIDEN DI PESANTREN DALAM PROGRAM BERITA DI TV ONE PERIODE SEPTEMBER-OKTOBER 2018. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36810/1/15210064_BAB%20I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36810/2/15210064_BAB%20II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf