@phdthesis{digilib36825, month = {August}, title = {PENGARUH INTENSITAS MENONTON TAYANGAN VIDEO DI AKUN INSTAGRAM USTADZ HANAN ATTAKI TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA-SISWI ROHIS AL-HIDAYAH SMKN 1 SUBANG}, school = {FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI}, author = {NIM 15210073 Tita Rochmatul Nurjanah}, year = {2019}, note = {Saptoni, S.Ag., M.A.}, keywords = {Pengaruh, Intensitas Menonton Tayangan Video dan Religiusitas}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36825/}, abstract = {Kemajuan teknologi media telah melahirkan sebuah media komunikasi baru (new media), salah satunya adalah media social. Media social memiliki dampak bagi masyarakat. Salah satu media social yang tengah popular di kalangan masyarakat saat ini adalah media social instagram terutama di kalangan remaja. Media social instagram digunakan untuk mencari berbagai informasi seperti lowongan kerja, berita ter-update, fashion, online shop bahkan mencari pengetahuan agama pada akun-akun dakwah Islam. Ustadz Hanan Attaki merupakan salah satu pendakwah yang menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui media social instagram pribadinya. Tidak sedikit remaja yang menjadi followers akun instagram beliau dan seringkali me-repost video dakwah @hanan\_attaki di akun social pribadinya. Isi dari video dakwah beliau erat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari terutama bagi para remaja. Tingkat religiusitas masing-masing remaja berbeda-beda tergantung pada tingkat intensitas menonton tayangan video tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif survei dengan format penelitian kuantitatif eksplansif survei. Populasi pada penelitian ini adalah siswa siswi ROHIS Al-Hidayah SMKN 1 Subang yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada responden sebagai data primer dan wawancara serta dokumentasi sebagai data sekunder. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji analisis regresi linier sederhana serta uji hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment untuk mencari hubungan antara variabel menonton dengan variabel religiusitas. Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dari intensitas menonton tayangan video di akun intsagram @hanan\_attaki terhadap religiusitas ROHIS peneliti melihat nilai R square atau R2 pada output SPSS bagian table Model Summary. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, dikarenakan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.003 {\ensuremath{<}} 0.05, maka dari itu dapat dikatakan bahwa ada pengaruh dari menonton tayangan video di akun instagram @hanan\_attaki terhadap religiusitas siswa siswi ROHIS Al{--}Hidayah SMKN 1 Subang. Kemudian untuk uji korelasi pearson product moment yang menghasilkan korelasi kedua variabel, yaitu variabel intensitas menonton dengan variabel religiusitas termasuk dalam kategori cukup, dikarenakan hasil dari perhitungan uji korelasi adalah sebesar 0.515 termasuk dalam kriteria penafsiran korelasi 0.400 ? 0.599 berkorelasi cukup. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup dari menonton tayangan video di akun instagram @hanan\_attaki terhadap tingkat religiusitas siswa siswi ROHIS Al-Hidayah SMKN 1 Subang.} }