eprintid: 36827 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/68/27 datestamp: 2019-12-05 02:42:36 lastmod: 2019-12-05 02:42:36 status_changed: 2019-12-05 02:42:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muh. Mustakim, S.Pd.I., M.Pd.I, NIM : 1230016011 title: SEKOLAH BERBASIS PESANTREN Studi tentang Transformasi Pendidikan Sekolah Berbasis Pesantren Ibnu Abbas Klaten ispublished: pub subjects: tykpi divisions: pps_si full_text_status: restricted keywords: Transformasi, Sekolah, Pesantren note: 1. Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si 2. Dr. Sabarudin, M.Si. abstract: Pesantren dan Sekolah merupakan dua lembaga pendidikan berbeda di Indonesia pada awal kemunculannya. Kemudian, dalam perkembangannya bertransformasi menjadi satu lembaga pendidikan yang mengintegrasikan pendidikan umum dan pendidikan agama secara intensif serta memadukan sistem kelembagaan sekolah formal dan sistem kepesantrenan dengan segala karakteristiknya menjadi sekolah berbasis pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Situs penelitian dilaksanakan di sekolah berbasis pesantren Ibnu Abbas Klaten. Hasil penelitian menunjukkan suatu antitesa terhadap teori koherensi Karel A. Steenbrink yang mengemukakan ‘sudah’ seharusnya pesantren bertransformasi menjadi madrasah kemudian sekolah agar tetap diminati masyarakat. Sebaliknya, penelitian ini menguatkan teori Amrullah perubahan tanpa perusakan yakni mengintegrasikan sistem lembaga pendidikan sekolah dan pesantren tanpa harus merusak dan kehilangan sistem pesantren. Hasil penelitian juga menegasikan teori enrollment pesantren di akhir abad keduapuluh; pesantren menerima siapapun yang hendak masuk untuk belajar dan nyantri oleh Mastuhu. Fakta berbeda, sekolah berbasis pesantren Ibnu Abbas ini “terpaksa” menyeleksi untuk memilih calon santri karena keterbatasan sumberdaya dan sebagai upaya menjaga mutu serta layanan pendidikan terbaik. Sehingga penelitian ini meneguhkan transformasi pesantren khususnya pasca reformasi di Indonesia cenderung lebih terbuka, mengembangkan model sekolah tanpa kehilangan jatidirinya dalam bentuk sekolah berbasis pesantren. Transformasi ini berupa pergeseran paradigma, modernisasi administrasi dan model kepemimpinan berbasis syuro. Penelitian ini menunjukkan suatu teori baru “transformatif-indigenous” yakni terbuka, berubah menyesuaikan kebutuhan zaman tanpa meninggalkan jatidiri pesantren. date: 2019-08-15 date_type: published pages: 492 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Pascasarjana thesis_type: doctoral thesis_name: other citation: Muh. Mustakim, S.Pd.I., M.Pd.I, NIM : 1230016011 (2019) SEKOLAH BERBASIS PESANTREN Studi tentang Transformasi Pendidikan Sekolah Berbasis Pesantren Ibnu Abbas Klaten. Doctoral thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36827/1/1230016011_BAB_I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36827/2/1230016011_BAB_II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf