<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DAN PEMBACAAN AL-QUR’AN KRITIS ADVOKATIF HUSEIN MUHAMMAD"^^ . "Tafsir agama Husein Muhammad tentang perlindungan Hak Asasi\r\nManusia di Indonesia kontemporer, sebagai sebuah wacana,\r\nmenunjukkan proses produksi yang melibatkan beberapa pihak,\r\nmulai dari Komnas Perempuan hingga organisasi Islam Sipil di\r\nIndonesia, bahkan lembaga internasional. Meskipun identitas Husein\r\nMuhammad sebagai figur kultural dalam Islam Tradisional lebih\r\nditonjolkan dalam setiap produk wacananya, namun jabatan strategis\r\ndirinya dalam struktur organisasi tersebut, terlebih keterlibatan\r\nmereka dalam wacana yang ia produksi, cukup mengindikasikan\r\nadanya kepentingan tertentu yang dibangun, disamping\r\nkepentingannya sendiri sebagai produsen wacana sekaligus pembaca\r\nAl-Qur’an. Oleh karena itu, disamping bermaksud menguraikan\r\npraktik penafsiran yang dijalankan oleh Husein Muhammad dalam\r\nwacana perlindungan hak kelompok berorientasi seksual diluar\r\nmainstream, hak minoritas kelompok beragama/berkeyakinan dan\r\nhak perempuan, penelitian ini secara khusus bertujuan mengungkap\r\nrelasi kuasa pengetahuan yang beroperasi di dalamnya.\r\nUntuk tujuan itu, penelitian kepustakaan ini dikerjakan dengan\r\nmengacu pada metodologi dan kerangka teori yang ditentukan.\r\nMetodologi yang digunakan meliputi teknik pengumpulan data dan\r\nanalisis data. Data diperoleh melalui telaah kepustakaan terhadap\r\nberbagai tulisan karya Husein Muhammad dari tahun 1999-2019\r\nyang dipilih berdasarkan kesesuaian substansi materi dengan objek\r\nmaterial penelitian ini, dan wawancara mendalam dengan Husein\r\nMuhammad serta berbagai pihak yang relevan dan kompeten.\r\nSedangkan analisis datanya dilakukan dengan teori genealogi Michel\r\nFoucault dan hermeneutika Al-Qur’an.\r\nPenelitian kualitatif ini menemukan bahwa, sebagai wacana, tafsir\r\nagama Husein Muhammad tentang perlindungan Hak Asasi Manusia\r\ndipraktikkan secara kritis dan advokatif. Sementara itu, relasi kuasapengetahuan\r\nyang beroperasi di dalamnya bergerak secara produktif\r\nbaik dalam konteks produsen wacana, maupun dalam proses\r\nproduksi dan konstruksi wacana. Pertama, dalam produsen wacana,\r\nrelasi kuasa pengetahuan mengalir melalui proses struktural dan\r\nkultural. Secara struktural, relasi kuasa mengalir melalui posisi yang\r\ndiduduki oleh Husein Muhammad di dalam struktur relasi kuasanya.\r\nSedangkan secara kultural, relasi kuasa bergerak melalui berbagai\r\nxiii\r\nmedium kultural seperti perjumpaan intelektual dalam kerja-kerja\r\nbersama antar lembaga. Sebagai produsen wacana, Husein\r\nMuhammad tidak sekedar berupaya mengungkap makna dibalik teksteks\r\nagama yang diperdebatkan, maupun melakukan kritik sosial\r\nkeagamaan yang dinilai diskriminatif bagi kelompok masyarakat\r\ntertentu, namun ia juga mengupayakan agar pandangan dan\r\nkehidupan sosial keagamaan kontemporer di Indonesia sejalan\r\ndengan gagasan perlindungan Hak Asasi Manusia universal. Kedua,\r\ndalam proses produksi wacana, relasi kuasa beroperasi secara\r\nnegosiatif. Relasi kuasa beroperasi melalui kontrol terhadap\r\nhubungan Husein Muhammad dengan kebenaran pengetahuan dalam\r\nwacana perlindungan Hak Asasi Manusia bagi kelompok masyarakat\r\nIndonesia yang mengalami diskriminasi. Ketiga, dalam produk\r\nwacana, meskipun wacana perlindungan Hak Asasi Manusia\r\nkontemporer yang diproduksi oleh Husein Muhammad terlihat\r\nmengadopsi ide-ide Hak Asasi Manusia universal, namun ia\r\nberupaya mengembangkannya secara adaptif dengan teks Al-Qur’an\r\ndan teks khazanah Islam Tradisional melalui kerangka reinterpretasi\r\nterhadap keduanya. Dengan tekniknya, Husein Muhammad berusaha\r\nmenormalisasi konstruksi perlindungan Hak Asasi Manusia yang\r\ndiupayakan melalui praktik pembacaan Al-Qur’an Kritis-Advokatif\r\ndi tengah kalangan Islam Tradisional dan masyarakat Muslim\r\nIndonesia, yang sesungguhnya merupakan praktik afirmatif terhadap\r\nnarasi Hak Asasi Manusia internasional."^^ . "2019-07-01" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1330016031"^^ . "Mohamad Sobirin"^^ . "NIM. 1330016031 Mohamad Sobirin"^^ . . . . . . "PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DAN PEMBACAAN AL-QUR’AN KRITIS ADVOKATIF HUSEIN MUHAMMAD (Text)"^^ . . . . . "1330016031 BAB I, VI, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DAN PEMBACAAN AL-QUR’AN KRITIS ADVOKATIF HUSEIN MUHAMMAD (Text)"^^ . . . . . "PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DAN PEMBACAAN AL-QUR’AN KRITIS ADVOKATIF HUSEIN MUHAMMAD (Other)"^^ . . . . . . "PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DAN PEMBACAAN AL-QUR’AN KRITIS ADVOKATIF HUSEIN MUHAMMAD (Other)"^^ . . . . . . "PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DAN PEMBACAAN AL-QUR’AN KRITIS ADVOKATIF HUSEIN MUHAMMAD (Other)"^^ . . . . . . "PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DAN PEMBACAAN AL-QUR’AN KRITIS ADVOKATIF HUSEIN MUHAMMAD (Other)"^^ . . . . . . "PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DAN PEMBACAAN AL-QUR’AN KRITIS ADVOKATIF HUSEIN MUHAMMAD (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DAN PEMBACAAN AL-QUR’AN KRITIS ADVOKATIF HUSEIN MUHAMMAD (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DAN PEMBACAAN AL-QUR’AN KRITIS ADVOKATIF HUSEIN MUHAMMAD (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DAN PEMBACAAN AL-QUR’AN KRITIS ADVOKATIF HUSEIN MUHAMMAD (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DAN PEMBACAAN AL-QUR’AN KRITIS ADVOKATIF HUSEIN MUHAMMAD (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #36850 \n\nPERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DAN PEMBACAAN AL-QUR’AN KRITIS ADVOKATIF HUSEIN MUHAMMAD\n\n" . "text/html" . . . "Studi Islam" . .