eprintid: 3686 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/36/86 datestamp: 2012-08-15 13:51:54 lastmod: 2016-12-13 02:36:17 status_changed: 2012-05-04 16:44:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ERLIN UMI HANIK - NIM. 05450009, title: PENERAPAN STRATEGI GROUP TO GROUP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN VIRUS UNTUK SISWA KELAS X-2 MAN SABDODADI BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Strategi, Group to group, Motivasi, Prestasi note: Pembimbing : Drs. Satino, M. Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbaikan pembelajaran Biologi melalui penerapan strategi Group to group sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Biologi pada pokok bahasan virus untuk siswa kelas X-2 MAN Sadodadi Bantul Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan memberikan tindakan penelitian pada subjek penelitian dalam dua siklus pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-2 MAN Sadodadi Bantul tahun ajaran 2009/2010. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan membagi siswa menjadi empat kelompok, masing-masing kelompok diberi hand out untuk didiskusikan sesama teman kelompok dan bertugas menyiapkan penyajian presentasi oleh presentator yang telah ditunjuk oleh kelompoknya. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan presentasi masing-masing perwakilan kelompok. Data yang dikumpulkan berupa data motivasi dan prestasi belajar siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya semua indikator motivasi belajar. Selain itu prestasi siswa juga mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pada siklus I terjadi peningkatan antara rerata nilai pre test dengan rerata nilai post test yakni sebesar 1,2 dan pada siklus II terjadi peningkatan pula pada rerata nilai pre test dan post test yakni sebesar 1,6. Antara rerata nilai post test siklus I dengan rerata nilai post test siklus II terdapat selisih atau effect size sebesar 2,5. Dengan demikian, penelitian dengan menggunakan strategi Group to group pada pembelajaran Biologi pada pokok bahasan virus dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X-2 MAN Sabdodadi Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010 dalam dua siklus pembelajaran.. date: 2010-02-09 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-09 11:40:52 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--erlinumiha-3460-1-erlinum-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/70/digilib-uinsuka--erlinumiha-3460-1-erlinum-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3880 ; nama file lama : ERLIN UMI HANIK - NIM. 05450009 PENERAPAN STRATEGI GROUP TO GROUP SEBAGAI UPAYA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1318305 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ERLIN UMI HANIK - NIM. 05450009, (2010) PENERAPAN STRATEGI GROUP TO GROUP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN VIRUS UNTUK SISWA KELAS X-2 MAN SABDODADI BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3686/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3686/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf