relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36931/ title: UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA creator: Muhammad Yusuf Ahmad, NIM. 12410212 subject: Pendidikan Karakter description: Penelitian ini berawal dari banyaknya kasus yang ditemui peneliti saat KKN, masih terdapat siswa yang suka berkata kotor untuk melampiaskan kekesalan kepada temannya, dan juga siswa yang mengabaikan ibadah sholat (membolos saat sholat berjamaah berlangsung). Hal tersebut sudah seharusnya menjadi upaya guru dan lembaga pendidikan untuk mengoptimalkan pembinaan akhlak siswanya, sebagaimana pembinaan akhlak siswa yang terjadi di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta, dan yang masih dipercaya oleh masyarakat untuk menanamkan nilai-nilai Islam pada anak-anak mereka. Berawal dari masalah tersebut, SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta berperan aktif dalam membina akhlak siswa. Adapun tujuan penilitian ini adalah mendeskripsikan upaya guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa, hasil dari pembinaan akhlak siswa, dan faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak siswa SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Muhmmadiyah 8 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukan: Upaya guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta, yakni dilakukan di dalam dengan materi pembelajaran Akidah Akhlak, dan penanaman keteladanan, sedangkan di luar kelas dengan pembiasaan keteladanan siswa dalam berperilaku, Sholat Zuhur berjamah, kegiatan kultum setiap jum’at pagi, dan mengikuti kegiatan upacara bendera, mengikutsertakan siswa dalam kegiatan keagamaan yang diadakan di sekolah, dan kerjasama semua pihak dalam membina akhlak siswa. Hasil dari pembinaan akhlak siswa, adalah sebagai berikut: (a) siswa memiliki pendirian atau tidak ikut-ikutan, (b) siswa bersifat aktif saat pembelajaran, (c) siswa berperilaku positif, (d) siswa memiliki ketaatan beragama, (e) siswa lebih bersikap lebih terbuka dan memiliki wawasan lebih luas, (f) siswa memiliki kepribadian yang baik, (g) siswa memiliki sikap religius dengan kehidupan sosial. Faktor pendukung dan penghambat guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak siswa, adalah individu siswa dan keadaan keluarga serta masyarakat. Kata kunci : Pembinaan akhlak, guru Aqidah Akhlak, SMP Muh 8 Yogyakarta date: 2019-08-29 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36931/1/12410212_BAB%20I_IV.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36931/2/12410212_BAB_II_III.pdf identifier: Muhammad Yusuf Ahmad, NIM. 12410212 (2019) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.