%0 Thesis %9 Skripsi %A Ahmad Abdullah, NIM. 13410237 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2019 %F digilib:36940 %I UIN Sunan Kalijaga %K Metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), Mata Pelajaran Fikih, Siswa Tunanetra %P 138 %T MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATA PELAJARAN FIKIH SISWA TUNANETRA DI MAN 2 SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36940/ %X Latar belakang penelitian ini adalah model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) digunakan oleh guru fikih di MAN 2 Sleman untuk membuat kegiatan belajar-mengajar menjadi lebih menyenangkan serta siswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan hal-hal yang digunakan dalam Metode Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Pada Mata Pelajaran Fikih Siswa Tunanetra di MAN 2 Sleman, mengetahui dan mendiskripsikan peran siswa tunanetra dalam mengikuti kegiatan pembelajaran fikih di MAN 2 Sleman, serta mengetahui dan mendiskripsikan kelebihan dan kekurangan Metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) jika diterapkan pada mata pelajaran fikih khususnya pada siswa tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di MAN 2 Sleman. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan Observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hal-hal yang digunakan dalam metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah Strategi Jigsaw Learning dan Card Sort. 2) Peran siswa tunanetra dalam kegiatan pembelajaran fikih di MAN 2 Sleman kurang begitu terlibat dengan baik ketika berada di lapangan akan tetapi cukup terlibat dengan baik ketika berada di kelas. (3) Kelebihan Metode CTL adalah siswa tunanetra jauh lebih mandiri dalam belajar terutama pada saat di kelas, dapat mengaitkan antara keilmuan dengan situasi kehidupan sehari-hari. Adapun kekurangannya adalah siswa tunanetra tidak dapat melakukan pengamatan secara sempurna dikarenakan keterbatasan dalam indra pengelihatan. Kata kunci: Metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), Mata Pelajaran Fikih, Siswa Tunanetra. %Z Drs. Moch. Fuad