TY - THES N1 - Dwi Agustina Kurniawati, S.T., M.Eng., Ph.D. ID - digilib36973 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36973/ A1 - Mukharomatul Masruroh, NIM. 12660005 Y1 - 2019/08/28/ N2 - Tempat wisata sekarang ini kian marak, salah satunya tempat wisata air yang berada di deda Janti Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Taman Air Pemancingan 100 Janti merupakan tempat wisata air yang menyediakan water boom, kolam renang, pemancingan, dan kuliner dalam satu tempat yang sama. Karena tempat wisata di desa Janti sangat banyak dan persaingannya sangat ketat, maka diperlukan pemilihan strategi bersaing yang tepat dan paling sesuai agar dapat bertahan dan unggul dalam persaingan. Dengan banyaknya pesaing, apakah strategi yang digunakan saat ini sudah tepat? Penelitian ini bertujuan untuk mencari strategi bersaing yang paling tepat dan sesuai untuk Taman Air Pemancingan 100 Janti dengan menggunakan metode SWOT dan QSPM. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari menyebarkan kuesioner kepada pengelola dan empat divisi.Hasil pengolahan dan analisis data diperoleh bahwa nilai total skor IFE dan EFE sebesar 3,417 dan 3,102. Selanjutnya dilakukan tahap pencocokan dengan menggunakan matriks IE dan SWOT. Hasil matriks IE menyatakan bahwa Taman Air Pemancingan 100 Janti menempati kuadran I yang berarti strategi yang digunakan adalah strategi insentif. Sedangkan pengolahan matriks SWOT menghasilkan 9 strategi alternatif yang nantinya dapat digunakan perusahaan agar mampu bertahan dan unggul dalam persaingan. Selanjutnya berdasarkan dari matriks QSPM, dari 9 alternatif strategi yang ada terdapat satu strategi yang diprioritaskan untuk dilakukan oleh perusahaan yaitu menciptakan wahana permainan da kolam renang yang unik guna menjadi tempat wesata yang lebih unggul dengan skor TAS 6,103. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Taman Air Pemancingan 100 Janti KW - strategi bersaing KW - matriks IFE KW - matriks EFE KW - Matriks IE KW - matriks SWOT KW - QSPM M1 - skripsi TI - ANALISIS STRATEGI BERSAING DI TAMAN AIR PEMANCINGAN 100 JANTI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (Studi Kasus: Taman Air Pemancingan 100) AV - restricted EP - 108 ER -