eprintid: 36993 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/69/93 datestamp: 2019-12-16 02:28:11 lastmod: 2019-12-16 02:28:11 status_changed: 2019-12-16 02:28:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: EVI RIYANTI, NIM. 15660014 title: PEMETAAN POSISI LAYANAN JASA PERBANKAN MENGGUNAKAN CANVAS STRATEGY (Studi Kasus di PT. Bank Rakyat Indonesia KC Katamso Yogyakarta) ispublished: pub subjects: TA divisions: jur_tind full_text_status: restricted keywords: Layanan BRI, Canvas Strategy, Analisa Cluster, Analisa Fakto note: Tutik Farihah, S.T, M.Sc abstract: Canvas strategy adalah alat atau tools dalam blue ocean strategy yang berfungsi untuk memetakan posisi dari setiap industri produk ataupun jasa yang sejenis. Obyek dalam penelitian ini adalah BRI, dimana BRI merupakan bank BUMN dengan aset terbesar di Indonesia. Studi kasusnya yaitu BRI KC Katamso Yogyakarta. Tujuan dalam penelitian ini adalah bank BRI dapat melihat posisi dari bank sejenis berdasar kualitas jasa layanan yang diberikan kepada nasabah dengan bantuan tools canvas strategy. Tujuan yang kedua yaitu untuk mengetahui posisi cluster yang sama dengan BRI. Analisa cluster menggunakan metode K-Means dengan penentuan tiga cluster yakni cluster A, B, dan C. Berdasar pengolahan canvas strategy, maka BRI menempati posisi ketiga di antara bank yang lain. Sementara itu, berdasar analisa cluster, maka BRI berada dalam satu cluster dengan Mandiri yakni berada di cluster C. Tujuan yang terakhir yaitu untuk mengetahui preferensi nasabah mengenai faktor apa yang menyebabkan nasabah memilih layanan jasa BRI KC Katamso Yogyakarta dengan metode analisa faktor. Berdasar analisa faktor, maka terdapat empat faktor yakni faktor pertama adalah kualitas IT BRI yang berisi variabel kecepatan server pelayanan, kemudahan aplikasi online, dan pemberian solusi. Faktor kedua yakni faktor representasi fisik pelayanan yang berisi variabel kerapian dan kenyamanan kantor cabang. Faktor ketiga adalah faktor layanan transaksi nasabah yang berisi variabel transaksi cepat dan tepat, keamanan transaksi, dan tampilan karyawan. date: 2019 date_type: published pages: 142 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: EVI RIYANTI, NIM. 15660014 (2019) PEMETAAN POSISI LAYANAN JASA PERBANKAN MENGGUNAKAN CANVAS STRATEGY (Studi Kasus di PT. Bank Rakyat Indonesia KC Katamso Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36993/1/15660014_BAB%20I_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36993/2/15660014_BAB%20II_S.D._BAB%20IV.PDF.pdf