<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ARGUMENTASI KENISCAYAAN\r\nTAFSIR MAQASHIDI SEBAGAI BASIS\r\nMODERASI ISLAM"^^ . "Moderasi Islam (Islam Wasathiyah) dewasa ini menjadi\r\ndiskursus yang hangat, di tengah-tengah munculnya pandangan\r\nekstrem dari sebagian kelompok dalam mengartikulasikan\r\najaran Islam, sehingga kadang memicu aksi-aksi intoleran dan\r\nkekerasan. Tidak dapat dipungkiri bahwa ekstremisme beragama\r\nseringkali disebabkan oleh pola pikir ekstrem (tatharruf)\r\ndalam memahami teks-teks keagamaan (al-Qur’an dan Hadis)\r\nsecara rigid, tidak mempertimbangkan dinamika konteks dan\r\nmaqâshid. Tulisan sederhana ini mencoba menelisik akar-akar\r\npemikiran Tafsir Maqâshidi secara historis-kronologis sebagai\r\nargumentasi dan basis epistemik untuk meneguhkan dan\r\nmengembangkan moderasi Islam. Pertanyaannya, bagaimana\r\nakar-akar historis dan kontsruksi logis Tafsir Maqashidi, baik\r\nsecara ontologis maupun epistemologis?\r\nDengan menggunakan pendekatan historis-filosofis\r\n(historical-phisophical approach), penulis beragumen bahwa\r\nTafsir Maqashidi secara historis cukup memiliki cantholan\r\nepistemik yang kuat dalam tradisi Islam, sejak zaman Nabi\r\nSaw, sahabat dan para ulama. Dengan kata lain, Tafsir\r\nMaqashidi adalah ‘anak kandung’ yang lahir dari peradaban Islam sendiri. Secara ontologis tafsir maqashidi dapat dipetakan\r\nmenjadi tiga macam, yaitu Tafsir Maqashidi sebagai filsafat\r\ntafsir (as philosophy), Tafsir Maqashidi sebagai metodologi\r\n(as methodology) dan Tafsir Maqashidi sebagai produk tafsir\r\n(as product). Ketiga hirarkhi ontologis yang saling terkait\r\nterkelindan tersebut penting dikemukakan, sehingga body of\r\nknowledge dari Tafsir Maqashidi menjadi clear and distinct.\r\nPenulis juga beragumen bahwa secara epistemologis, Tafsir\r\nMaqashidi dapat menjadi salah satu alternasi dalam meneguhkan\r\nkembali moderasi Islam, ketika kita harus berdialektika antara\r\nteks yang statis dan konteks yang dinamis. Tafsir Maqâshidi\r\nadalah bentuk wasathiyah (moderasi) antara kelompok\r\ntekstualis-skriptualis, hingga seolah ‘menyembah teks’\r\n(ya’budûn al-nushûsh) dan kelompok liberalis-substansialis,\r\nhingga mendesakralisasi teks (yua`th-thlûn al-nushûsh). Tafsir\r\nMaqashidi ingin menggali maqashid (tujuan, hikmah, maksud,\r\ndimensi makna terdalam dan signifikansi) yang ada di balik teks,\r\ndengan tetap menghargai teks (yahtarim al-nushûsh), sehingga\r\ntidak terjebak pada sikap de-sakralisasi teks (ta’thîl al-nushûsh)\r\ndi satu sisi dan ‘penyembahan teks (`ibadat al-nushûsh) di sisi\r\nlain. Pertimbangan terhadap dinamika konteks dan maqashid\r\nsecara cermat-kritis dalam rangka merealisasikan kemaslahatan\r\ndan menolak kemudlaratan (tahqîq al-mashlahah wa dar’ almafsadah)\r\nitulah fundamental structure dari Tafsir Maqashidi"^^ . "2019-12-16" . . . . . . . . "Abdul"^^ . "Mustaqim"^^ . "Abdul Mustaqim"^^ . . . . "Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ulumul Qur’an Disampaikan di Hadapan Rapat Senat Terbuka Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . "Yogyakarta"^^ . . . . . . "ARGUMENTASI KENISCAYAAN\r\nTAFSIR MAQASHIDI SEBAGAI BASIS\r\nMODERASI ISLAM (Text)"^^ . . . . . "Abdul Mustaqim__ARGUMENTASI KENISCAYAAN all.pdf"^^ . . . "ARGUMENTASI KENISCAYAAN\r\nTAFSIR MAQASHIDI SEBAGAI BASIS\r\nMODERASI ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ARGUMENTASI KENISCAYAAN\r\nTAFSIR MAQASHIDI SEBAGAI BASIS\r\nMODERASI ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ARGUMENTASI KENISCAYAAN\r\nTAFSIR MAQASHIDI SEBAGAI BASIS\r\nMODERASI ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ARGUMENTASI KENISCAYAAN\r\nTAFSIR MAQASHIDI SEBAGAI BASIS\r\nMODERASI ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #37005 \n\nARGUMENTASI KENISCAYAAN \nTAFSIR MAQASHIDI SEBAGAI BASIS \nMODERASI ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Al-Qur'an" . .