<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS HUKUM BISNIS SYARIAH TERHADAP PRAKTEK GO-FOOD DALAM\r\nKEMITRAAN DAN PENGGUNAAN GO-JEK"^^ . "Salah satu aplikasi modern yang populer saat ini di masyarakat adalah jual beli online\r\nyang terkenal dengan nama go-food. Aplikasi ini merupakan buatan anak bangsa yang\r\nmempunyai misi membantu pengusaha-pengusaha kecil menengah yang bermodal minim\r\nuntuk mempromosikan produknya di masyarakat. Akan tetapi promosi yang ditawarkan\r\nbukanlah cuma-cuma. Go-food meminta 20% dari hasil penjualan melalui aplikasi kepada\r\nmitranya yaitu marchant. Dalam perjanjiannya pembagian tersebut bernama service fee. Gofood\r\nmenerangkan bahwa servis fee tersebut merupakan pembagian keuntungan terhadap\r\nsegala fasilitas yang diberikan pihak go-food kepada marchant. Akan tetapi realitas di\r\nmasyarakat service fee ini membuat para marchant harus berfikir lebih untuk menutupi\r\nkekurangan 20% penjualan bila tidak ingin merugi. Para driver sebagai mitra pendukung juga\r\nterkena imbas dari service free tersebut, karena para pelanggan (penikmat) sering kali\r\nbertanya soal harga atau pun porsi yang didapat tidak sesuai apabila pelanggan datang\r\nlangsung di warung. Ketidakpuasan pelanggan ini berakibat driver mendapatkan performa\r\nyang kurang baik serta marchant bisa kehilangan pelanggannya.\r\nPenelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskiptif-analitis dengan\r\nmenggunakan pola pendekatan normatif. Go-food merupakan fenomena baru yang sekarang\r\nlagi populer dimasyrakat,oleh karena itu dampak sosial yang lahir dari kontrak sosial itu\r\nharus jelas. Ada dua teori yang menjadi landasan penulisan ini, yaitu teori bisnis muamalat\r\nuntuk menganalisis sistem pengoperasian aplikasi dan teori akad untuk menyelaraskan tujuan\r\natau niat penggunanya. Data primer pada penulisan ini bersumber dari wawancara para mitra\r\nserta warga masyarakat pengguna aplikasi go-food di kota Yogyakarta. Adapun data\r\nsekunder diambil dari buku-buku yang terkait dengan pembahasan tesis ini.\r\nHasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar mitra maupun pengguna sangat\r\nterbantu dari segi kepraktisan penggunaan dan penjualan di kota Yogyakarta. Terbukti\r\ndengan meningkatnya outlet bertuliskan go-food di berbagai tempat dan bertambahnya jenis\r\nmakanan di dalam aplikasi. Namun sebagian marchant menganggap pembagian yang\r\nditerapkan sangat besar dan menyebabkan adanya ketidak sesuaian harga maupun porsi yang\r\ndidapat. Pengguna (penikmat) pun juga mengamini hal tersebut, sebagian meraka\r\nmenganggap ke tidak jelasan penjualan antara di dalam dan diluar aplikasi membuat mereka\r\nragu akan aplikasi ini. Driver sebagai mitra penghubung sering kali kena imbas sangkaan\r\nkurang baik yang berdampak performa yang dibawah rata-rata yang mengakibatkan bonus\r\nsulit keluar. Penulis berpendapat seharusnya penetapan service fee ini di buat bersama untuk\r\nmengurai hal tersebut, serta perlu adanya penilaian untuk marchant agar driver tidak selalu\r\nmenjadi kambing hitam. Selain itu, pemahamam tentang akad saat bertransaksi dalam\r\nmenggunakan aplikasi go-food belum paham secara mendalam. Marchant, driver maupun\r\npengguna (penikmat) berpola pemikiran, sekarang hidup di zaman era digital teknologi maka\r\nharus mengikuti perkembangan zaman bila tidak ingin tertinggal. Jadi pengguna maupun\r\nmitra hanya melihat dari segi kemudahan waktu menggunakannya di tengah-tengah aktifitas\r\nkerja yang semakin padat.\r\nSecara akademik, penulisan ini turut berkontribusi dalam pengembangan khazanah\r\nkeilmuan Islam tentang masalah-masalah kontemporer, khususnya tentang jual beli online\r\nyang lagi membuming di dalam masyarakat Indonesia. Penulisan ini juga dapat digunakan\r\nsebagai referensi bagi penulis-penulis berikutnya, sehingga kajian hukum Islam dapat selalu\r\nberkembang sepanjang masa."^^ . "2019-07-30" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1620310026"^^ . "MUH DZULHAJ LISA LESTIANTA S.H"^^ . "NIM: 1620310026 MUH DZULHAJ LISA LESTIANTA S.H"^^ . . . . . . "ANALISIS HUKUM BISNIS SYARIAH TERHADAP PRAKTEK GO-FOOD DALAM\r\nKEMITRAAN DAN PENGGUNAAN GO-JEK (Text)"^^ . . . . . "1620310026_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ANALISIS HUKUM BISNIS SYARIAH TERHADAP PRAKTEK GO-FOOD DALAM\r\nKEMITRAAN DAN PENGGUNAAN GO-JEK (Text)"^^ . . . . . "ANALISIS HUKUM BISNIS SYARIAH TERHADAP PRAKTEK GO-FOOD DALAM\r\nKEMITRAAN DAN PENGGUNAAN GO-JEK (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS HUKUM BISNIS SYARIAH TERHADAP PRAKTEK GO-FOOD DALAM\r\nKEMITRAAN DAN PENGGUNAAN GO-JEK (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS HUKUM BISNIS SYARIAH TERHADAP PRAKTEK GO-FOOD DALAM\r\nKEMITRAAN DAN PENGGUNAAN GO-JEK (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS HUKUM BISNIS SYARIAH TERHADAP PRAKTEK GO-FOOD DALAM\r\nKEMITRAAN DAN PENGGUNAAN GO-JEK (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS HUKUM BISNIS SYARIAH TERHADAP PRAKTEK GO-FOOD DALAM\r\nKEMITRAAN DAN PENGGUNAAN GO-JEK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS HUKUM BISNIS SYARIAH TERHADAP PRAKTEK GO-FOOD DALAM\r\nKEMITRAAN DAN PENGGUNAAN GO-JEK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS HUKUM BISNIS SYARIAH TERHADAP PRAKTEK GO-FOOD DALAM\r\nKEMITRAAN DAN PENGGUNAAN GO-JEK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS HUKUM BISNIS SYARIAH TERHADAP PRAKTEK GO-FOOD DALAM\r\nKEMITRAAN DAN PENGGUNAAN GO-JEK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #37007 \n\nANALISIS HUKUM BISNIS SYARIAH TERHADAP PRAKTEK GO-FOOD DALAM \nKEMITRAAN DAN PENGGUNAAN GO-JEK\n\n" . "text/html" . . . "Bisnis Syari'ah" . .