%A Nim: 1520011050 M.N. Ahla. An, S.Sos %O Dr. RoM Ulimuha. M.Htrm %T REKONSTRUKSI PERAN GURU SOSIOLOGI DALAM PENDAMPINGAN ANAK ABH (Anak Berhadapan Hukum) DI SMA SULTAN AGUNG YOGYAKARTA %X Tesis ini berjudul Rekonstruksi Peran Guru Sosiologi dalam pendampingan anak ABH di SMA Sultan Agung. Judul tesis tersebut dilatarbelakangi adanya sekolah SMA yang mau menerima anak ABH sebagai anak didik, Anak ABH yang dianggap negatif oleh banyak orang bahkan sekolah, akan tetapi SMA Sultan Agung mau menerima sang anak dan mencapai keberhasilan dalam pendampingan terhadap anak ABH tersebut. Dari kondisi tersebut Peneliti penasaran dan melihat model sekolah SMA Sultan Agung dengan pendekatan penelitian Kualitatif melihat konsep keberfungsian seperti apa sekolah SMA Sultan Agung sehingga menerima anak ABH. Dalam penelitian ini peneliti menitik beratkan kepada guru, Anak ABH, dan Agen di masyarakat dengan konsep Fungsionalisme struktural Talcott Parson melihat fungsi AGIL (Adaptasi, Goal, Integarsi, latency). Hasil Penelitian yaitu : Adanya Pendekatan Guru, Agen sekolah dan masyarakat terhadap ABH di SMA Sultan Agung membuat kestabilan sistem sekolah SMA Sultan Agung, walaupun ada anak ABH dalam sekolah akan tetapi keharmonisan masih terjaga. Terlihat dari pendampingan guru sosiologi terhadap anak didik yang menggunakan konsep AGIL. Adaptasi, Goal, Integrasi, dan Latency. Serta adanya agen masyarakat sekitar sekolah dan pihak orang tua ABH yang saling berintegrasi sehingga dalam pendidikan anak ABH termotivasi belajar. %K Anak ABH, Peran Guru, Agen dalam Masyarakat %D 2019 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib37025