@mastersthesis{digilib37052, month = {July}, title = {KONSELING SEBAYA DENGAN KONSEP SUPER STUDENT TRAINING DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA SMKN 1 MOJOANYAR}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 17200010036 Akhmad Fikri Haykal}, year = {2019}, note = {Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.}, keywords = {Konseling Sebaya, Super Student Training, Self Esteem}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37052/}, abstract = {Permasalahan Low Self Esteem sering terjadi pada siswa sebagaiman hasil pengataman penulis di SMKN 1 Mojoanyar ditemukan beberapa siswa mengalami masalah tersebut. Kemudian kondisi tersebut melatar-belakangi penulis dalam melakukan penelitian bimbingan konseling sebaya dengan konsep Super Student Training dalam meningkatkan Self Esteem siswa SMKN 1 Mojoanyar. Metode yang digunakan adalah penelitian Mixed Method, lokasi penelitian di SMKN 1 Mojoanyar. Subyek penelitian berjumlah 24 orang (12 orang kelas eksperimen dan 12 orang kelas kontrol). Pemilihan subyek menggunakan teknik Snow Ball Sampling. Data dikumpulan dengan metode angket, observasi tidak terstruktur, wawancara terbuka, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan data kuantitatif (Pretest dan Posttest dengan menggunakan analisa uji Paired T-Test dan data kualitatif untuk menguatkan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling sebaya dengan konsep Super Student Training dalam meningkatkan Self Esteem SMKN 1 Mojoanyar. Berdasarkan hasil uji Paired T-Test: pair 1 diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05 maka bisa disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata peningkatan Self Esteem untuk Pre-Test kelas eksperimen dan Post-Test kelas eksperimen. Berdasarkan hasil pair 2 diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,030 {\ensuremath{<}} 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata tingkat Self Esteem untuk Pre-Test kelas kontrol dan Post-Test kelas kontrol. Kemudian berdasarkan hasil Follow Up diketahui terdapat peneningkatan Self Esteem pada subjek kelas eksperimen, dengan hasil rata-rata kelas eksperimen dari skor awal 80,42 menjadi 111,17, dari kategori rendah menjadi kategori sedang, dengan jumlah total nilai dari 965 menjadi 1334, ada kenaikan 369 atau 27\%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa tingkat Self Esteem siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, hal itu terlihat dari rata-rata kelas ekperimen sebesar 111,17 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 90,17. Hasil menunjuka bahwa terjadi peningkatan pada kelas eksperimen, peningkatan tersebut meliputi : personal interes (kedisiplinan), kemampuaan berpendapat dan keberanian dalam menunkjukan prestasi. Peningkatan tersebut terjadi setelah siswa mendapatkan treatment berupa konseling sebaya dengan konsep Super Student Training.} }