%A NIM. 15650053 MUSYAFA’ IRFAN EFENDI %O Muhammad Didik Rohmad Wahyudi, S.T, %T Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan Untuk Mengetahui Pola Pembelian Konsumen “Studi Kasus : Toko ANEKA” %X Toko ANEKA merupakan salah satu dari sekian banyaknya Toko yang sudah mengimplementasikan kemajuan teknologi khususnya dalam bidang perdagangan. Toko ini sudah menggunakan sistem kasir dalam pencatatan data transaksi sehari-hari, namun data tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal sehingga data menunpuk begitu saja sebagai arsip tanpa memiliki manfaat yang dapat menguntungkan pemilik Toko. Oleh sebab itu pada penelitian ini akan diimplementasikan teknik data mining untuk mengolah data transaksi penjualan sehingga dapar diketahui pola pembelian konsumen. Data yang diolah akan dikelompokkan sesuai kemiripan jenisnya yang terbagi menjnadi 15 jenis item. Agloritma yang digunakan adalah algoritma apriori dengan bantuan aplikasi WEKA dan Python. Penelitian ini mampu mengimplementasikan teknik data mining menggunakan agloritma apriori dengan bantuan aplikasi WEKA dan Python. Hasil asosiasi yang dikeluarkan oleh kedua aplikasi memiliki akurasi yang cukup baik, sehingga dapat diketahui pola pembelian konsumen %K Data Mining, Agloritma Apriori, Weka, Python, Itemset. %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib37074