eprintid: 37204 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/72/04 datestamp: 2020-01-03 03:18:53 lastmod: 2020-01-03 03:18:53 status_changed: 2020-01-03 03:18:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mugi Cahyoni, NIM: 14480046 title: STRATEGI PENANGANAN BULLYING ANAK DIFABEL DI SEKOLAH DASAR TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: bullying, strategi, preventif, kuratif, pembinaan, peserta didik. note: Dr. Andi Prastowo, M. Pd. I, abstract: Bullying yang dilakukan oleh peserta didik maupun guru di sekolah semakin banyak menghiasi deretan berita halaman media cetak maupun media elektronik. Di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta merupakan sekolah yang menerima peserta didik berkebutuhan khusus dan dalam pembelajarannya penggabungan antara peserta didik reguler dan peserta didik yang berkebutuhan khusus. Padahal, sekolah yang seperti ini yaitu penggabungan antara peserta didik reguler dengan peserta didik yang berkebutuhan khusus rawan terjadi perilaku bullying. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengungkapkan bagaimana strategi pencegahan bullying yang dilakukan di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta, dan (2) apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam menerapkan strategi yang dilakukan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitiannya adalah guru wali kelas 4 dan kelas 5, guru BK atau psikolog, dan beberapa peserta didik dari kelas 4 dan 5. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi penanganan bullying anak difabel di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta adalah dengan strategi preventif, kuratif, dan pembinaan. Adapun faktor pendukung yaitu adanya koordinasi satu sama lain, tercukupinya guru, adanya pembentukan tim pengembang adiwiyata sekolah dan program ramah anak. Sedangkan untuk faktor penghambat adalah belum terlaksananya tim penanganan khusus kekerasan dan kurangnya pengertian wali murid tentang bullying. Sedangkan, untuk hambatan faktor penghambat sebagian guru menyatakan bahwa belum terlaksananya tim penanganan khusus untuk kekerasan dan kurangnya pengetahuan bullying terhadap orang tua. date: 2019-08-14 date_type: published pages: 231 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Mugi Cahyoni, NIM: 14480046 (2019) STRATEGI PENANGANAN BULLYING ANAK DIFABEL DI SEKOLAH DASAR TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN TAMANSISWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37204/1/14480046_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37204/2/14480046_BAB%20II_BABB%20III_BAB%20IV.pdf