@phdthesis{digilib37217, month = {August}, title = {PENERAPAN STRATEGI BERNYANYI GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL KOSAKATA (MUFRODAT) BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS II B MIN I BANTUL}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM: 15480049 Ni?matun Chasanah}, year = {2019}, note = {Lailatu Rohmah, M.Si,}, keywords = {Penerapan, Strategi, Bernyanyi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37217/}, abstract = {Ni?matun Chasanah, ?Penerapan Strategi Bernyanyi Guna Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosakata( Mufrodat ) Bahasa Arab pada Siswa Kelas II B di MIN I Bantul?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019 Penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa masih rendah, hal ini dikarenakan siswa belum mampu menulis dan membaca Bahasa Arab dengan benar dan guru belum menemukan strategi untuk mengatasi masalah tersebut, oleh karena itu penelitian ini mengungkapkan salah satu cara agar penguasaan kosakata siswa dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi pembelajaran Bahasa Arab pada kelas II B MIN I Bantul sebelum dan sesudah diterapkannya strategi bernyanyi, dan juga untuk mengungkapkan pelaksanaan penerapan strategi bernyanyi di kelas II B MIN I Bantul Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila 75 \% siswa telah mencapai KKM nilai Bahasa Arab, yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi proses diketahui bahwa hasil pengamatan dalam aspek kal{\=a}m yang meliputi mengartikan mufrodat hasil pretest menunjukkan sebanyak 6 siswa mampu mengartikan mufrodat, pada posttest I sebanyak 13 siswa, dan posttest II sebanyak 24 siswa dari 27 siswa. Sedangkan keterampilan dalam aspek pelafalan mufrodat, hasil pretest menunjukkan sebanyak 14 siswa telah lancar dalam melafalkan mufrodat, pada posttest I sebanyak 22 siswa, dan pada posttest II sebanyak 25 siswa. Pada aspek kit{\=a}bah atau menulis mufrodat, hasil pretest menunjukkan sebanyak 4 siswa mampu menulis mufrodat, pada posttest I sebanyak 10 siswa atau, dan pada posttest II sebanyak 16 siswa. Pada aspek penggunaan mufrodat dalam proses pembelajaran, hasil pretest menunjukkan sebanyak 5 siswa telah menggunakan mufrodat dalam pembelajaran, pada posttest I sebanyak 10 siswa, dan posstest II sebanyak 24 siswa. Dari segi hasil, diketahui bahwa pada posttest pertama siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 orang, adapun presentase kelulusannya adalah 66,6 \%. Kemudian hasil yang diperoleh pada siklus II atau posttest kedua ini adalah siswa yang lulus sebanyak 21 orang dan siswa yang tidak lulus sebanyak 6 orang, adapun presentase kelulusannya adalah 77,7 \%. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan strategi bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal kosakata jika dilihat dari proses dan hasil belajar.} }