%0 Thesis %9 Skripsi %A YASINTA, NIM: 15480001 %B Fakultas Tarbiyah dan Keguruan %D 2019 %F digilib:37218 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Tahfīẓ dan Pembentukan karakter %P 218 %T PROGRAM TAHFȊẒ DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IIIB DI SDIT TARUNA AL-QUR’AN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37218/ %X ABSTRAK Yasinta, Peran Program Tahfīẓ dalam Membentuk Karakter Religius Siswa kelas IIIB di SDIT Taruna al-Qur‟an Ngagik Sleman.Skripsi. Yogyakarta: Progrm Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang penelitian ini berangkat dari UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, bahwasanya Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan berbangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Kenyataannya Indonesia masih mengalami permasalahan tentang degredasi moral anak bangsa ini, belum mencerminkan tujuan dari UU No.20 Tahun 2003 mengenai Sisdiknas. Di SDIT Taruna al-Qur‟an karakter religius siswa terlihat dari pembiasaan melalui program Tahfīẓ yang ada di Sekolah. Siswa sudah secara mandiri melalukan sholat fardhu secara mandiri, baik disekolah maupun di rumah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Filed Research) metode yang dgunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang di peroleh dari penelitin ini yaitu: pelaksanaan program Tahfīẓ di kelas IIIB SDIT Taruna al-Qur‟an dan peran program Tahfīẓ dalam membentuk karkter religius meliputi: proses pelaksaan progrm Tahfīẓ, metode yang digunakan dalam mengajar, dan tahapan pembentukan karakter. Teknik pengambilan data menggunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan program Tahfīẓ di kelas IIIB SDIT Taruna al-Qur‟an ada 5 program yakni, ziyadah, tasin, tarjamah ladhiyyah, BTAQ dan tasmi’, yakni dengan menggunakan metode Wahdah, Sima’i dan Talqin, pemberian motivasi, pelaksanaan pembelajaran al-Qur‟an sebagai sarana melatih bacaan/hafalan anak. 2) Program Tahfīẓ berperan penting terhadap pembentukan karakter religius siswa. %Z Dra. Hj. Asnafiah, M.Pd.,