TY - THES N1 - Dra. Hj. Asnafiah, M.Pd., ID - digilib37218 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37218/ A1 - YASINTA, NIM: 15480001 Y1 - 2019/07/24/ N2 - ABSTRAK Yasinta, Peran Program Tahf?? dalam Membentuk Karakter Religius Siswa kelas IIIB di SDIT Taruna al-Qur?an Ngagik Sleman.Skripsi. Yogyakarta: Progrm Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang penelitian ini berangkat dari UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, bahwasanya Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan berbangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Kenyataannya Indonesia masih mengalami permasalahan tentang degredasi moral anak bangsa ini, belum mencerminkan tujuan dari UU No.20 Tahun 2003 mengenai Sisdiknas. Di SDIT Taruna al-Qur?an karakter religius siswa terlihat dari pembiasaan melalui program Tahf?? yang ada di Sekolah. Siswa sudah secara mandiri melalukan sholat fardhu secara mandiri, baik disekolah maupun di rumah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Filed Research) metode yang dgunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang di peroleh dari penelitin ini yaitu: pelaksanaan program Tahf?? di kelas IIIB SDIT Taruna al-Qur?an dan peran program Tahf?? dalam membentuk karkter religius meliputi: proses pelaksaan progrm Tahf??, metode yang digunakan dalam mengajar, dan tahapan pembentukan karakter. Teknik pengambilan data menggunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan program Tahf?? di kelas IIIB SDIT Taruna al-Qur?an ada 5 program yakni, ziyadah, tasin, tarjamah ladhiyyah, BTAQ dan tasmi?, yakni dengan menggunakan metode Wahdah, Sima?i dan Talqin, pemberian motivasi, pelaksanaan pembelajaran al-Qur?an sebagai sarana melatih bacaan/hafalan anak. 2) Program Tahf?? berperan penting terhadap pembentukan karakter religius siswa. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Tahf?? dan Pembentukan karakter M1 - skripsi TI - PROGRAM TAHF?? DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS IIIB DI SDIT TARUNA AL-QUR?AN NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 218 ER -