@phdthesis{digilib37220, month = {July}, title = {PENGARUH METODE MIND MAP TERHADAP DAYA INGAT PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN 7(0\$7,. ', .(/\$6 ,9 0, 0\${\P}\$5,) 18 02 TAMANSARI KARANGMONCOL PURBALINGGA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM.: 15480005 DEA AMELIA HARITS}, year = {2019}, note = {Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.,}, keywords = {Metode Mind Map, Daya Ingat}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37220/}, abstract = {Mind Map adalah salah satu metode yang dapat mengoptimalkan daya ingat peserta didik karena metode ini menggunakan gambar, garis, warna, simbol yang dapat merangsang beberapa indera anak, selain itu mind map mampu memaksimalkan kedua belah otaknya. Dengan memaksimalkan kedua belah otaknya (otak kanan dan kiri) dalam pembelajaran, maka yang terjadi adalah siswa akan mengingat dengan mudah, cepat, dan tahan lama daya ingatnya. Mind map juga merupakan peta rute yang hebat bagi ingatan, memungkinkan anak menyusun fakta dan pikiran sedemikian rupa sehingga cara kerja alami otak dilibatkan sejak awal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode mind map terhadap daya ingat peserta didik pada pembeODMDUDQ WHPDWLN GL NHODV ,9 0, 0D{\P}DULI NU 02 Tamansari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimen yang dilaksanakan dengan dengan desain one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi GL NHODV ,9 0, 0D{\P}arif NU 02 Tamansari. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen tes menggunakan jenis tes isian singkat yang sudah melalui analisis validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji statistika paired sample t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode mind map berpengaruh terhadap daya ingat peserta didik. Hal ini ditunjukan oleh Sig.(2-tailed) hasil uji t dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya metode mind map berpengaruh terhadap daya ingat peserta didik.} }