eprintid: 37226 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/72/26 datestamp: 2020-01-06 02:46:33 lastmod: 2020-01-06 02:46:33 status_changed: 2020-01-06 02:46:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Afrida Ayu Rahmawati, NIM : 15480014 title: UPAYA GURU DALAM MENGHADAPI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS I A SDN GIWANGAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Problematika Pembelajaran, Tunagrahita Ringan, Upaya Guru note: Sigit Prasetyo, M.Pd. Si., abstract: Pendidikan inklusif yang diterapkan di SDN Giwangan Yogyakarta bertujuan untuk memfasilitasi ABK di luar sana agar dapat belajar bersama dan merasakan pembelajaran bersama teman- teman sebayanya di sekolah umum.. Tanpa dipungkiri dalam penciptaan pembelajaran di kelas inklusif tersebut terdapat hal-hal yang dapat dikatakan sebagai bentuk dari problematika pembelajaran. Kesempatan kali ini tujuan penelitian yang dilakukan peneliti adalah: (1) mengetahui proses pembelajaran pada anak tunagrahita ringan di kelas I A, (2) mengetahui problematika pembelajaran yang terjadi pada anak tunagrahita ringan baik, serta (3) mengetahui upaya guru dalam mengatasi problematika yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan penggunaan strategi studi kasus. Subyek penelitian yaitu wali kelas I A yang mengajar di kelas yang memiliki target penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, pengumpulan dokumentasi, serta catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) penyesuaian yang dilakukan wali kelas dalam mengelola pembelajaran, (2) wali kelas mendapati problematika selama melakukan perencanaan pembelajaran yaitu dalam pembuatan RPP, guru juga mendapati problematika dalam pelaksanaan pembelajaran dalam hal rombongan belajar yang melebihi batas maksimal, kemampuan belajar sang anak tunagrahita ringan yang masih perlu penanganan khusus, (3) upaya yang dilakukan dengan modifikasi RPP, pengelolaan dan manajemen disiplin kelas, pengembangan pengajaran yang tepat, serta pemberian perhatian khusus dan pendampingan di kelas bimbingan. date: 2019-08-30 date_type: published pages: 227 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Afrida Ayu Rahmawati, NIM : 15480014 (2019) UPAYA GURU DALAM MENGHADAPI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS I A SDN GIWANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37226/1/15480014_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKApdf.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37226/2/15480014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf