@phdthesis{digilib37257, month = {September}, title = {PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PERSEPSI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MIS AL ISLAM TEMPEL}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM: 15480023 Rofiatul Masruroh}, year = {2019}, note = {Dr. Siti Fatonah, S.Pd, M.Pd,}, keywords = {Kreativitas Guru, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Matematika}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37257/}, abstract = {Kegiatan pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang menuntut kreativitas guru untuk menyajikan materi sesuai dengan karakteristik peserta didik.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pegaruh kreativitas guru dalam persepsi siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V pada pembelajaran matematika di MIS Al Islam Tempel Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif desain Ex post facto. Variabel bebasnya adalah kreativitas guru, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasinya yaitu seluruh peserta didik kelas V di MIS Al Islam Tempel. Data diambil dengan menggunakan kusioner dan tes. Sampel yang digunakan menggunakan teknik sampel kelompok yakni kelas V. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa kreativitas guru yang dicapai menurut siswa kelas V pada masuk pada kategori sedang dilihat dari frekuensi terbanyak sebesar 67,92\% menilai guru memiliki kreativitas yang sedang. Nilai terbaik pada kreativitas guru terdapat pada bagian guru menjelaskan pelajaran matematika dengan memberikan contoh-contoh sehingga mudah dipahami oleh siswa. Kemudian pada kemampuam pemecahan masalah matematis yang dicapai siswa kelas V, masuk dalam kategori sedang, yakni sebesar 56,60\%. Terdapat hubungan yang positif antara kreativitas guru terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V sebesar 0,498 yang berarti apabila kreativitas guru tinggi maka kemampuan pemecahan masalah siswa juga searah. Terdapat pengaruh partisipasi antara kreativitas guru sebesar 24,8\% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V sedangkan 76,2\% dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti minat, motivasi dan sebagainya} }