TY - THES N1 - Fitri Yuliawati, M.Pd.Si., ID - digilib37260 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37260/ A1 - DEWI HINDUN, NIM : 15480033 Y1 - 2019/07/22/ N2 - SD Muhammadiyah Sokonandi menggunakan Problem Based Learning diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan masalah. (2) Mengetahui hasil dari proses Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan model-model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduksi, data display, conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning pada setiap tahap kegiatan pembelajaran yang digunakan di SD Muhammadiyah Sokonandi menggunakan Problem Based Learning, guru telah menyajikan beberapa sintak yaitu orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Dari hasil proses pembelajaran kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dilihat dari tercapainya enam dari tujuh indikator yang ada. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Problem Based Learning KW - Kemampuan Pemecahan Masalah M1 - skripsi TI - PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI AV - restricted EP - 134 ER -