eprintid: 37266 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/72/66 datestamp: 2020-01-08 02:46:29 lastmod: 2020-01-08 02:46:29 status_changed: 2020-01-08 02:46:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Tsania Widati Muharomah, NIM.: 15480045 title: STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DI KELAS II SD JOGJA GREEN SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Strategi, Guru, Pembelajaran berbasis alam. note: Sri Purnami. S.Psi, M. A, abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi dari persiapan guru yang pada umumnya dalam melaksanakan pembelajaran kurang baik, sehingga berdampak pada peserta didik yang kurang fokus dan bosan selama pembelajaran berlangsung. SD Jogja Green School menerapkan pembelajaran berbasis alam untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan strategi-strategi yang digunakan guru dalam rancangan pembelajaran berbasis alam di kelas II SD Jogja Green School. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran berbasis alam di kelas II SD Jogja Green School. 3) Menganalisis dampak dari pelaksanaan pembelajaran berbasis alam terhadap sikap tanggung jawab peserta didik kelas II SD Jogja Green School. Jenis penelitan ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan atau subjek penelitian ini yaitu guru kelas, kepala sekolah, guru pendamping dan peserta didik kelas II. Untuk pengecekan keabsahan data dengan cara tiangulasi teknik dan menggunakan bahan referensi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran berbasis alam adalah strategi inkuiri dan strategi pembelajaran melalui pengalaman. 2) Dalam pelaksanaannya guru sudah menerapkan pembelajaran berbasis alam dengan baik walaupun terkadang terdapat beberapa kendala seperti peserta didik yang belum bisa diatur, fokus terhadap pelajaran, dan melaksanakan pembelajaran sesuai mood peserta didik. 3) Pembelajaran berbasis alam berdampak positif terhadap sikap tanggung jawab pada diri peserta didik. Adapun indikator dari sikap-sikap tanggung jawab yang tampak antara lain: mencintai lingkungan sekitar, meminta maaf jika melakukan kesalahan, melaksanakan tugas dengan baik, menerima sanksi jika bersalah, menghargai perbedaan. date: 2019-09-05 date_type: published pages: 256 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Tsania Widati Muharomah, NIM.: 15480045 (2019) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM DI KELAS II SD JOGJA GREEN SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37266/1/15480045_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37266/2/15480045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf