eprintid: 37269 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/03/72/69 datestamp: 2020-01-08 03:15:12 lastmod: 2020-01-08 03:15:12 status_changed: 2020-01-08 03:15:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Devi Apriliastuti, NIM. 15480050 title: PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA TERHADAP GURU DI KELAS 4 B MI AL-IKHSAN MEDARI SLEMAN ispublished: unpub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Peran, Orang Tua, dan Sopan santun note: Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd., abstract: Dalam dunia pendidikan, pendidikan tidak hanya bertujuan untuk menjadikan lulusannya cerdas tetapi juga berakhlak mulia khususnya dalam sikap sopan santun siswa. Peran orang tua dalam memberikan pendidikan moral terhadap anak, bertujuan untuk membentuk manusia seutuhnya. lemahnyakarakterdan moral bangsa Indonesia dapatdilihatdariberbagaifenomena masalah-masalah moral di Indonesia. Dengandemikianadanyapendidikankarakter serta program-program unggulan yang ada di sekolah, yang digunakan untuk meningkatkan moral anak dinilai sangat membantu mengembangkan potensi manusia.Di MI Al-Ikhsan Medari Sleman terdapat program-pragram yang bertujuan meningkatkan sopan santun siswa terhadap guru dan semua warga madrasah, program tersebut yaitu setiap pagi siswa harus bersalaman dengan bapak serta ibu guru, serta peningkatan-peningkatan sikap disiplin siswa. Tujuan dari penelitian ini ada dua, yaitu; 1) untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam menanamkan sikap sopan santun siswa terhadap guru di kelas 4 B MI Al-Ikhsan Medari Sleman, 2) serta apa saja faktor pendukung dan peghambat yang menyebabkan siswa tidak bersikap sopan terhadap guru di kelas 4 B MI Al-Ikhsan Medari Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian untuk mendapatkan deskripsi tentang peran orang tua dalam meningkatkan sikap sopan santun siswa. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Variabel dalam penelitian ini adalah peran orang tua dan bagaimana peran tersebut dapat meningkatkan sopan santun siswa. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas 4 B. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, teknik observasi partisipasi pasif, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam meningkatkan sikap sopan santun siswa kepada guru di kelas 4 B MI Al-Ikhsan Medari Sleman ada dua, yaitu; 1) bahwa orang tua sudah semaksimal mungkin dalam hal upaya meningkatkan sikap sopan santun anak, yaitu dengan cara menasehati atau memberikan contoh yang baik kepada anaknya bagaimana cara bersikap dengan orang yang ix lebih tua. 2) Untuk faktor pendukung dimulai dari kemauan diri dari anak tersebut serta dukungan atau pendidikan yang baik yang diberikan oleh keluarganya, faktor penghambat adalah dari pendidikan di sekolah yaitu kurangnya pengawasan dari kepala sekolah dan guru, serta teman sebaya. date: 2019-07-30 date_type: published pages: 226 institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Devi Apriliastuti, NIM. 15480050 (2019) PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA TERHADAP GURU DI KELAS 4 B MI AL-IKHSAN MEDARI SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37269/1/15480050_BAB%20I_%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37269/2/15480050_BAB%20II_%20III_%20IV.pdf