@phdthesis{digilib37271, month = {August}, title = {IMPLEMENTASI MEDIA KAHOOT SEBAGAI ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 1 KERJO LOR NGADIROJO WONOGIRI}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM.15480052 Clara Ayu Setya Kurniawati}, year = {2019}, note = {Dr. Aninditya Sri Nugraheni,}, keywords = {metode pembelajaran, media kahoot, hasil belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37271/}, abstract = {Guru kelas V SD Negeri 1 Kerjo Lor Ngadirojo Wonogiri dalam proses pembelajaran tematik belum menggunakan alat peraga dan sarana penunjang yang dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui implementasi media kahoot sebagai alat evaluasi pembelajaran tematik kelas V 2) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media kahoot sebagai alat evaluasi pembelajaran tematik kelas V Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Grup Design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Kerjo Lor Ngadirojo Wonogiri. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas VA dan VB SD Negeri 1 Kerjo Lor Ngadirojo Wonogiri yang berjumlah 59 siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, dokumentasi, tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar kuesioner dan lembar tes. Instrumen tes beupa soal pilihan ganda dan lembar kuesioner melalui analisis validitas dan reliabilitas. Teknis analisis data dengan uji statistik t dan uji statistik f. Hasil penelitian ini adalah: 1) implementasi media kahoot sebagai alat evaluasi pembelajaran tematik kelas V menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa SD Negeri 1 Kerjo Lor Ngadirojo Wonogiri berdasarkan hasil pengujian pengimplementasian media kahoot sebagai alat evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa nilai F adalah 44.200 yang berarti lebih besar dari Ftabel sebesar 0,003 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 2) hasil belajar siswa tahap pertama dan tahap kedua mengalami kenaikan secara signifikan dengan hasil pengujian statistik dengan nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05.} }