%A NIM : 15480055 Shafiyya Salsabila %O Sigit Prasetyo, M. Pd. Si., %T PENDIDIKAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SD N INKLUSI PLAOSAN 1 KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN %X Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), dengan mengambil obyek penelitian SD N Inklusi Plaosan 1. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pendidikan terhadap anak tunagrahita berkaitan dengan pendidikan akademik ditinjau dari aspek peserta didik sudah sesuai dengan standar sekolah penyelenggara pendidikan inklusi, aspek kurikulum sudah sesuai dengan standar sekolah penyelenggara pendidikan inklusi, aspek sarana dan prasarana belum sesuai dengan standar sekolah penyelenggara pendidikan inklusi karena masih seperti sekolah umum dan belum memenuhi karakterstik untuk anak berkebutuhan khusus, aspek pendidik sudah sesuai dengan standar sekolah penyelenggara pendidikan inklusi. Usaha-usaha yang dilakukan oleh pihak SD N Inklusi Plaosan 1 untuk menfasilitasi semua peserta didik sudah semaksimal mungkin, akan tetapi diaspek sarana dan prasarana masih kurang untuk menyesuaikan anak tunagrahita. Kelengkapan sarana dan prasarana seharusnya mampu menjadikan peserta didik lebih semangat dalam belajar, lebih disiplin dan dapat meningkatkan prestasi dan hasil belajar peserta didik. %K : Layanan pendidikan, anak tunagrahita, SD N Inklusi Plaosan 1 %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib37276