@phdthesis{digilib37291, month = {July}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN METODE FIELD TRIP TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 BANTUL}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM.: 15480070 Ichyari Fatata Nuriana}, year = {2019}, note = {Dra. Hj. Asnafiyah, M.P.d}, keywords = {Field Ttrip, Minat Belajar, Siswa Kelas V MI.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37291/}, abstract = {Kalijaga Yogakarta, 2019. Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai komponen, komponen utama dalam sebuah pembelajaran adalah peserta didik yang berkedudukan sebagai subyek, dan guru sebagai fasilitator pembelajaran. Adapun metode pembelajaran tersebut adalah dengan menggunakan metode field trip, metode field trip adalah jenis metode belajar di luar kelas dengan asyik dan menyenangkan sehingga metode ini dirasa akan dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V MIN 1 Bantul. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui adakah pengaruh metode field trip terhadap minat belajar siswa kelas V pada pembelajaran Tematik di MIN 1 Bantul, dan (2) Mengetahui berapa besar sumbangan pengaruh metode field trip terhadap minat belajar siswa kelas V pada pembelajaran Tematik di MIN 1 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian pre experimental ini yaitu one grup prescale ? postscale. Siswa kelas V MIN 1 Bantul tahun ajaran 2018/2019 adalah populasi penelitian. Adapun sampel penelitian adalah siswa kelas V C dengan jumlah 27 siswa. . Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan wawancara tidak terstruktur, kuesioner/angket, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan metode field trip terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V MIN Satu Bantul, (2) Besar Sumbangan pengaruh metode field trip terhadap minat belajar di MIN 1 Bantul. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji regresi sederhana yang menunjukkan bahwa nilai t hitung {\ensuremath{>}} t tabel yaitu 9.635 {\ensuremath{>}} 1.671 dengan nilai P = 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan hipotesis penelitian Ha dinyatakan diterima. Penggunaan metode field trip memiliki sumbangan pengaruh sebesar 0,788 (78\%) terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran Tematik} }