@phdthesis{digilib37309, month = {September}, title = {IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR?AN DI SD QURROTA A?YUN KAUMAN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM : 15480073 ULFA HIRAH}, year = {2019}, note = {Drs. H. Mangun Budiyanto,M.S.I.,}, keywords = {Implementasi Membaca Al-Qur?an, Faktor Pendukung dan Penghambat, Hasil Pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37309/}, abstract = {Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana implementasi pembelajaran membaca Al-Qur?an di SD Qurrota A?yun Kauman Babadan Banguntapan Bantul Yogyakarta. (2) apa faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran membaca Al-Qur?an di SD Qurrota A?yun Kauman Babadan Banguntapan Bantul Yogyakarta. (3) bagaimana hasil implementasi pembelajaran membaca Al-Qur?an di SD Qurrota A?yun Kauman Babadan Banguntapan Bantul Yogyakarta. Untuk mencetak generasi yang cinta Al- Qur?an di jaman sekarang maka harus diajarkan atau diperkenalkan cara membaca Al-Qur?an dengan baik dan benar di mulai dari usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga macam metode yaitu: metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Pengecekkan keabsahan datanya dengan cara triangulasi yaitu triangulasi sumber data, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan : 1) implementasi pembelajaran membaca Al- Qur?an di SD Qurrota A?yun Kauman Babadan Banguntapan Bantul Yogyakarta, di mulai dari perencanaan pembelajaran membaca Al-Qur,an, metode pembelajaran dan strategi pembelajaran. 2) faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran membaca Al-Qur?an di SD Qurrota A?yun Kauman Babadan Banguntapan Bantul Yogyakarta. Faktor pendukung adalah sebagai berikut kemampuan peserta didik, kepedulian orang tua kepada peserta didik, adanya komunikasi yang baik antar guru dan peserta didik, adanya tahapan tersusun pembelajaran dengan baik, adanya target yang jelas untuk di capai, adanya buku kontrol dan rapor. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kemampuan peserta didik, kurang perhatian orang tua, dan acara diluar sekolah dan didalam sekolah., 3) Hasil Implementasi pembelajaran Membaca Al-Qur?an di SD Qurrota A?yun, di bagi menjadi dua yaitu hasil pencapaian jilid dan hasil pencapaian Al-Qur?an. Hasil pencapaian jilid untuk kelas 1, 2, dan 3 yaitu dari Iqro jilid (1) 5,6 \%, jilid (2) 16,6\%, jilid (3) 8.3\%, jilid (4) 30,6 \%, jilid (5) 5.6 \%, jilid 6 33.3\%. sedangkan pencapaian membaca Al-Qur?an kelas 1, 2 dan 3 di mulai juz 1 (18.10\%), juz 2 (15.52\%), juz 3 (6.90\%), juz 5 (15.52\%), juz 6 (9.48\%), juz 8 (6.03\%), juz 9 (6.03\%), juz 11 (5.17\%), juz 15 (3.45\%), juz 18 (7.77\%), dan juz 20 (6.03 \%).} }