%0 Thesis %9 Skripsi %A MuUHAMMAD AMIN - NIM. 05440001, %B Fakultas Saintek %D 2010 %F digilib:3731 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K integrasi pendidikan nilai, pembelajaran kimia, pendidikan nilai. %T INTEGRASI PENDIDIKAN NILAI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI MAN DAN SMAN DI KECAMATAN BANTUL KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3731/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang integrasi Pendidikan Nilai yang meliputi tingkat pemahaman guru dan pelaksanaan integrasi pendidikan nilai khususnya pelajaran kimia di MAN dan SMAN di Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif-kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian semua guru kimia pada MAN dan SMAN di Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan, meskipun hanya 22% guru yang sudah pernah mengikuti pelatihan tentang integrasi Pendidikan Nilai, ternyata implementasi integrasi Pendidikan Nilai ke dalam pembelajaran kimia jauh lebih tinggi yaitu sebesar 89% guru. Adapun tingkat kategori penyelenggara pelatihan tentang integrasi Pendidikan Nilai yaitu nasional sebesar 13%, provinsi sebesar 73%, kabupaten dan sekolah masing-masing sebesar 7%. Beberapa alasan guru menerapkan integrasi pendidikan Nilai yaitu: (a) Pendidikan Nilai penting untuk dimasukkan ke dalam semua mata pelajaran termasuk kimia, dipilih 100% guru; (b) dengan adanya integrasi Pendidikan Nilai ke dalam pelajaran kimia, sikap peserta didik dalam pembelajaran lebih terkendali, dipilih 75% guru; Pada pelaksanaannya, beberapa bentuk integrasi Pendidikan Nilai yang digunakan guru yaitu: (a) penekanan pentingnya kecermatan dan ketelitian dalam mengerjakan soal-soal latihan kimia dan/atau praktikum dan (b) melakukan diskusi, mengidentifikasi, dan mengkomunikasikan dampak positif dan negatif dari zat-zat kimia yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, masing-masing dipilih 94% guru. Begitu pula halnya dengan dampak bagi peserta didik, yaitu: (a) peserta didik mampu mengidentifikasi dan mengkomunikasikan tentang zat-zat kimia dalm kehidupan sehari-hari baik manfaat maupun dampak negatifnya dan (b) menumbuhkan sikap untuk selalu menjaga lingkungan, masing-masing dipilih 94% guru. Sedangkan untuk tingkat pemahaman guru tentang integrasi Pendidikan Nilai termasuk kategori sangat tinggi dengan rata-rata sebesar 83%. %Z Pembimbing : Liana Aisyah, S.Si, MA.