@phdthesis{digilib37310, month = {July}, title = {EKSPERIMEN PENERAPAN MEDIA FLIPCHART DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS IV MI MA?ARIF GIRILOYO 2 TAHUN AJARAN 2018/2019}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 15480075 Riyan Fajriyani}, year = {2019}, note = {Muhammad Jafar Shodiq, M.S.I.,}, keywords = {Pembelajaran bahasa Arab, Media flipchart, Model pembelajaran kooperatif tipe CRH, Motivasi belajar.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37310/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media flipchart dan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dalam pembelajaran bahasa Arab. Selain itu, untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelompok eksperimen (menggunakan flipchart dan course review horay) dan kelompok kontrol dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas IV MI Ma?arif Giriloyo 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi (quasi eksperimental) dengan pendekatan kuantitatif atau biasa disebut dengan eksperimen semu. Desain eksperimen dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan flipchart dan course review horay diawali dengan penyajian materi melalui flipchart, membentuk kelompok, membuat 9 kotak yang diisi nomor soal, peneliti membacakan soal satu per satu, siswa mendiskusikan jawaban, peneliti dan siswa mendiskusikan jawaban yang benar, membunyikan yel-yel bagi yang menjawab benar, kemudian reward, (2) berdasarkan hasil uji independent samples t test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 di mana 0.000 {\ensuremath{<}} 0.05 sehingga data dinyatakan signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara motivasi belajar kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dalam pembelajaran bahasa Arab. Selanjutnya, setelah dilakukan uji N-Gain diperoleh nilai N-Gain persen sebesar 57\% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan media flipchart dan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) cukup efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembeajaran bahasa Arab.} }