%A NIM. 15480078 Fitri Eka Muslimah %O Dr. H. Sedya Santosa, SS,.M. Pd., %T PENGEMBANGAN NILAI KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI PEMBELAJARAN BATIK KELAS V DI MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA %X Kalijaga, 2019. Dalam kondisi kehidupan bangsa di mana nilai kemanusiaan mengalami krisis, bila dunia pendidikan formal hanya mencerdaskan kehidupan bangsa, tanpa diimbangi penanaman nilai-nilai keluhuran martabat manusia, hal itu belum memberikan sumbangan besar bagi perwujudan masyarakat adil dan makmur. lemahnya karakter dan moral bangsa Indonesia dapat dilihat dari berbagai fenomena penyimpangan-penyimpangan sosial di Indonesia. Dengan demikian adanya pendidikan karakter yang diintegrasikan ke dalam setiap mata pelajaran diberbagai jenjang pendidikan terutama ditingkat pendidikan dasar diharapkan mampu menyumbang perwujudan sumber daya manusia yang lebih baik lagi. Di MI Ma’arif Giriloyo 2 muatan lokal pembelajaran batik dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran yang memiliki banyak nilai-nilai karakter di dalamnya, yang patut diajarkan kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran batik di kelas V MI Ma’arif Giriloyo 2 dan bagaimana pengembangan nilai karakter cinta tanah air dari pembelajaran batik kelas V di MI Ma’arif Giriloyo 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian untuk mendapatkan deskripsi tentang pengembangan nilai-nilai karakter melalui pembelajaran batik. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas V. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, teknik observasi partisipasi pasif, lembar observasi ceklis, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan data reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan nilai karakter cinta tanah air dalam pembelajaran batik kelas V di MI Ma’arif Giriloyo 2 dapat dikembangkan melalui pembelajaran batik Adapun nilai karakter yang dikembangkan tersebut didapat dari setiap proses pembatikan yang meliputi tahap pemolaan, tahap pemalaman, tahap pewarnaan, dan tahap pelorodan. Selain itu nilai karakter cinta tanah air peserta didik juga didapat dari diperkenalkannya motif batik dan peralatan serta bahan pembatikan. Pembelajaran batik dilaksanakan pada setiap hari sabtu dengan alokasi waktu pada p %K Pengembangan, nilai-nilai karakter, Pembelajaran Batik %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib37313