@phdthesis{digilib37316, month = {August}, title = {DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUM BAND DI SD NEGERI 1 BANTUL}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 15480084 Rohmi Mardiati}, year = {2019}, note = {Dr. H. Khamim Zarkasih Putro M. Si.,}, keywords = {pendidikan karakter, nilai disiplin dan tanggung jawab, kegiatan ekstrakurikuler drum band.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37316/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler drum band di SD Negeri 1 Bantul yang berkaitan dengan nilai disiplin dan tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Bantul pada saat kegiatan latihan ektrakurikuler drum band. Subjek penelitian ini adalah peserta didik, pelatih kegiatan ekstrakurikuler drum band, kepala sekolah, dan koordinator ekstrakurikuler drum band. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analasis data yang digunakan menggunakan triangulasi teknik yaitu melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut ketiga pelatih nilai karakter yang perlu diterapkan kepada peserta didik meliputi, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, dan kerjasama. Dalam tahap perencanaan pelatih mempersiapkan peraturan yang harus ditaati oleh peserta didik. Nilai disiplin sudah tercermin saat penelitian antara lain pelatih dan peserta didik sudah disiplin dalam waktu dan mentaati peraturan. Terkait disiplin sikap, selama kegiatan latihan berlangsung sudah dilaksanakan oleh pelatih dan peserta didik, sedangkan nilai tanggung jawab pelatih dan peserta didik sudah dijalankan berupa bertanggung jawab dalam bertindak, memenuhi kewajiban, dan dapat dipercaya. Pelatih selalu melaksanakan evaluasi yaitu evaluasi musik, evaluasi gerakan, serta evaluasi sikap. Dalam evaluasi sikap terkandung aspek afektif dan psikomotorik. Aspek afektif dalam kegiatan ini melatih peserta didik} }