TY - THES N1 - Fitri Yuliawati, S.Pd.Si., M.Pd.Si ID - digilib37317 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37317/ A1 - Nazula Nur Azizah, NIM: 15480092 Y1 - 2019/06/25/ N2 - Kemampuan berpikir kreatif peserta didik tergolong rendah dalam menghadapi soal HOTS terutama mata pelajaran matematika. Hal ini ditandai dengan turunnya nilai rata-rata USBN mata pelajaran matematika tingkat MI di Kabupaten Boyolali dari 56,46 menjadi 53,07 dikarenakan matematika menggunakan HOTS. Atas dasar itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan soal Matematika berkarakter HOTS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di MIN 1 Boyolali, MIN 2 Boyolali, MIN 3 Boyolali, MIM PK Kateguhan, dan MIM Kismoyoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan Purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang memiliki kemampuan matematika yang baik. Pengumpulan data dengan mengadakan Tes, observasi partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi teknik dan sumber, serta menggunakan bahan referensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan matematika berkarakter HOTS memiliki kemampuan yang cukup baik karena sudah memunculkan empat aspek kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Kelancaran tampak dari langkah yang disajikan peserta didik sudah tepat, lancar menjelaskan, dan menjawab pertanyaan. Keluwesan tampak dari cara yang dihasilkan peserta didik berbeda dari yang lain yaitu dengan mengubah bilangan dengan nilai sama ataupun dengan meringkas cara kerja. Keaslian tampak dari cara unik yang digunakan peserta didik yaitu dengan pengubahan bilangan secara terusmenerus, terkaan, coba-coba, dan gambar. Elaborasi tampak pada peserta didik sudah mampu menggabungkan persamaan dan rumus menjadi satu. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Berpikir Kreatif KW - Higher Order Thinking Skill KW - Matematika M1 - skripsi TI - ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI BOYOLALI AV - restricted EP - 120 ER -