eprintid: 3734 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/37/34 datestamp: 2012-08-14 14:59:55 lastmod: 2016-12-14 07:49:15 status_changed: 2012-05-04 16:44:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NANANG KHUZAINI - NIM. 05430023, title: MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (Two Stay Two Stray) POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI SISWA KELAS XB MAN GODEAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: Matematika divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: (Model pembelajaran), kooperatif, TSTS (Two Stay Two Stray), minat belajar, prestasi belajar note: Pembimbing : Edi Prajitno, M. Pd., Suparni, M. Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika pokok bahasan trigonometri siswa kelas XB MAN Godean Yogyakarta dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XB MAN Godean yogyakarta yang berjumlah 26 siswa. Sedangkan, obyek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray). Penelitian tindakan kelas ini terlaksana sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Data penelitian diperoleh dengan observasi minat siswa dan keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) yang triangulasikan dengan data hasil angket minat siswa, hasil wawancara siswa, jurnal harian, hasil LKS, hasil tes siklus, dan okumentasi. Analisis data dilakukansecara deskriptif kualitatif dengan melalui beberapa tahapan yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) yang dilakukan dengan pembentukan kelompok secara random dan rotasi yang ditentukan oleh guru dengan pembagian materi pelajaran yang berbeda untuk setiap kelompoknya dengan tujuan agar terjadi saling tukar informasi antar kelompok secara kualitatif dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa pokok bahasan trigonometri. Peningaktan minat siswa dapat dilihat dari meningkatnya tiga aspek minat yaitu perasaan senang, konsentrasi dan kemauan untuk belajar matematika dengan indikator siswa menjadi lebih sering memberikan tanggapan atas pertanyaan dari guru, siswa senang mendengarkan penjelasan dari teman dan gurunya. Siswa berani dalam mengemukakan ide dan gagasannya, siswa dapat berkelompok dan bekerja sama dengan teman lainnya untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 66, 73 pada siklus I menjadi 79, 60 pada siklus II. date: 2010-02-12 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-12 10:14:22 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--nanangkhuz-3507-1-nanangk-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/71/digilib-uinsuka--nanangkhuz-3507-1-nanangk-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3928 ; nama file lama : NANANG KHUZAINI - NIM. 05430023 MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1060729 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NANANG KHUZAINI - NIM. 05430023, (2010) MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (Two Stay Two Stray) POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI SISWA KELAS XB MAN GODEAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3734/1/BAB%20I%2C%20V.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3734/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf