%A NIM.:15480102 Fifi Aris Wulandari %O Sri Purnami, S.Psi.MA selaku %T HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA %X Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap sistem guru memberikan reward dan punishment yang ada di kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan tingkat pemberian reward wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (2) mendeskripsikan tingkat pemberian punishment wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (3) mendeskripsikan tingkat kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (4) menguji secara empiris hubungan antara pemberian reward dengan kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (5) menguji secara empiris hubungan antara pemberian punishment dengan kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran. (6) menguji secara empiris hubungan pemberian reward dan punishment secara bersama-sama dengan kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam Pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas rendah yaitu kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik, analisis korelasi product moment, dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemberian reward wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta termasuk kategori sedang. (2) Pemberian punishment wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang. (3) Kedisiplinan siswa III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang. (4) Tidak ada hubungan yang positif antara pemberian reward dengan kedisiplinan siswa kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta (rx1y = 0,286, p = 0,63 > 0,05). (5) Terdapat hubungan yang positif antara pemberian punishment dengan kedisiplinan siswa kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta (rx2y = 0,366, p = 0,023 < 0,05). (6) Tidak ada hubungan antara pemberian reward dan punishment secara bersama-sama dengan kedisiplinan siswa (F hitung = 2,437, F tabel = 3,32, F hitung < F tabel).Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap sistem guru memberikan reward dan punishment yang ada di kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan tingkat pemberian reward wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (2) mendeskripsikan tingkat pemberian punishment wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (3) mendeskripsikan tingkat kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (4) menguji secara empiris hubungan antara pemberian reward dengan kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran, (5) menguji secara empiris hubungan antara pemberian punishment dengan kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam pembelajaran. (6) menguji secara empiris hubungan pemberian reward dan punishment secara bersama-sama dengan kedisiplinan siswa Kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta dalam Pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas rendah yaitu kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik, analisis korelasi product moment, dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemberian reward wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta termasuk kategori sedang. (2) Pemberian punishment wali kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang. (3) Kedisiplinan siswa III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta termasuk dalam kategori sedang. (4) Tidak ada hubungan yang positif antara pemberian reward dengan kedisiplinan siswa kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta (rx1y = 0,286, p = 0,63 > 0,05). (5) Terdapat hubungan yang positif antara pemberian punishment dengan kedisiplinan siswa kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta (rx2y = 0,366, p = 0,023 < 0,05). (6) Tidak ada hubungan antara pemberian reward dan punishment secara bersama-sama dengan kedisiplinan siswa (F hitung = 2,437, F tabel = 3,32, F hitung < F tabel). %K Kedisiplinan, Pemberian reward, dan Pemberian punishment %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib37346