eprintid: 37355 rev_number: 20 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/73/55 datestamp: 2020-03-16 06:18:31 lastmod: 2020-03-16 06:18:39 status_changed: 2020-03-16 06:18:31 type: book_section metadata_visibility: show creators_name: Femilasari, Putri Intan creators_name: Putri, Yulaikha Eka creators_name: Setyarti, Eni creators_name: Ramadanti, Desi creators_name: Qoriah, Nafi’ Fithratul title: PENGUATAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) LANGGENG MAJU DUSUN MANDUNGAN MELALUI PENYULUHAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK KOMUNITAS ispublished: pub subjects: Pemb_des divisions: uinsiana_proc full_text_status: public keywords: Kata Kunci: Penguatan Kelompok, Kelompok Wanita Tani (KWT), Penyuluhan dan Pemasaran Produk abstract: Tujuan intervensi ini adalah untuk mengembangkan kegiatan komunitas Kelompok Wanita Tani (KWT) yang sudah ada, mengembangkan ketrampilan anggota KWT dalam hal pemasaran dan untuk mengenalkan produk KWT kepada masyarakat luas sebagai strategi perluasan pasar. Hal ini dapat meningkatkan nilai penjualan dari produk-produk KWT melalui mekanisme memperbesar area pasar dengan mengenalkan keunggulan produk-produk KWT. Sasaran peserta dalam intervensi ini adalah ibu-ibu anggota KWT di Dusun Mandungan yang berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan dalam intervensi mengenai pemasaran produk adalah psikoedukasi yaitu berupa penyuluhan terkait pemasaran produk home industry untuk mengembangkan keterampilan. Materi yang diberikan dalam intervensi mengenai pemasaran meliputi cara-cara melakukan pengemasandari produk-produk jamu buatan KWT dan tata cara melakukan pemasaran produk serta cara mendapatkan izin PIRT. Selain itu cara agar produk tembus ke agen distribusi juga dijelaskan. Hasil intervensi menunjukkan kelompok KWT sangat antusias dengan penyuluhan yang peneliti lakukan, karena penyuluhan ini membuka jalan kelompok KWT untuk berkenalan dan menyambung relasi dengan pemateri yang merupakan produsen jamu yang sudah cukup ternama. Kata Kunci: Penguatan Kelompok, Kelompok Wanita Tani (KWT), Penyuluhan dan Pemasaran Produk Putri Intan Femilasari, Yulaikha Eka Putri, Eni Setyarti, Desi Ramadanti, Nafi’ Fithratul Qoriah date: 2019-05-27 date_type: published series: prosiding volume: - publisher: LABORATORIUM PSIKOLOGI PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA place_of_pub: Yogyakarta pagerange: 15-20 pages: 62 refereed: TRUE isbn: 978-602-60774-2-4 book_title: PROCEEDING SEMINAR HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM STUDI PSIKOLOGI “Pendampingan Ekonomi dan Pengembangan Organisasi Masyarakat” citation: Femilasari, Putri Intan and Putri, Yulaikha Eka and Setyarti, Eni and Ramadanti, Desi and Qoriah, Nafi’ Fithratul (2019) PENGUATAN KELOMPOK WANITA TANI (KWT) LANGGENG MAJU DUSUN MANDUNGAN MELALUI PENYULUHAN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK KOMUNITAS. In: PROCEEDING SEMINAR HASIL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PROGRAM STUDI PSIKOLOGI “Pendampingan Ekonomi dan Pengembangan Organisasi Masyarakat”. prosiding, - . LABORATORIUM PSIKOLOGI PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, Yogyakarta, pp. 15-20. ISBN 978-602-60774-2-4 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37355/1/Cover.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37355/2/Depan.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37355/3/Putri%20Intan%20Femilasari%2C%20Yulaikha%20Eka%20Putri%2C%20Eni%20Setyarti%2C%20Desi%20Ramadanti%2C.pdf