eprintid: 3736 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/37/36 datestamp: 2012-08-15 12:14:19 lastmod: 2016-12-07 08:48:57 status_changed: 2012-05-04 16:44:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NING SASITI DWI RATNA SARI - NIM. 05460001, title: UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL ANOMALI BAB FLUIDA STATIS KELAS XI IPA SMA PIRI I YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: F divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Anomali, minat, model 4-D, prestasi, note: Pembimbing : Winarti, M.Pd.Si. abstract: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan model pembelajaran yang sesuai untuk konsep fluida statis dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil survey pembelajaran di SMA PIRI I Yogyakarta masih berpusat pada guru sehingga siswa tidak bebas dalam mengkonstruksi dan mengembangkan pengetahuannya. Dalam penelitian ini diujicobakan model pembelajaran anomali. Pembelajaran model ini merupakan pembelajaran dimana siswa sebelum pembelajaran dimulai, diberikan suatu data-data atau fenomena konflik. Penelitian ini dilakukan dalam 3 tahap yaitu orientasi, pemunculan gagasan dan penyusunan ulang gagasan. Model ini diujicobakan di kelas XI IPA SMA PIRI I Yogyakarta tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D, yang terdiri dari define, desain, develop dan disseminate. Namun pada pelaksanaanya tahap disseminate tidak dilaksanakan karena membutuhkan waktu yang lama dan dana yang cukup besar. Hasil ujicoba model tersebut diperoleh temuan bahwa model anomali untuk konsep fluida statis dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar fisika siswa. Pembelajaran anomali memiliki karakteristik dilandasi dengan pandangan konstruktivisme, berpusat pada siswa dengan melakukan aktivitas hands-on dan minds-on. Berdasarkan analisis data diperoleh adanya peningkatan persentase minat siswa yaitu 60,7 % (uji coba I), 88,8 % (uji coba II), 71,5% (uji coba I) dan peningkatan prestasi siswa dengan pengembangan pembelajaran menggunakan model anomali yaitu : 5,19 (uji coba I), 6,23 (uji coba II) dan 7,51 (uji coba III). date: 2010-02-12 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-02-12 10:24:11 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ningsatisi-3509-1-ningsas-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/71/digilib-uinsuka--ningsatisi-3509-1-ningsas-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3931 ; nama file lama : NING SASITI DWI RATNA SARI - NIM. 05460001 UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL ANOMALI BAB FLUIDA STATIS KELAS XI IPA SMA PIRI I YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1638393 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: NING SASITI DWI RATNA SARI - NIM. 05460001, (2010) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL ANOMALI BAB FLUIDA STATIS KELAS XI IPA SMA PIRI I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3736/1/BAB%20I%2C%20V.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3736/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf