<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ISLAMOLOGI HARUN NASUTION"^^ . "ABSTRAK\r\n\r\nKeragaman pandangan dalam pemikiran keagamaan sudah tidak dirasakan lagi. Pemikiran Islam hanya \r\ndidominasi oleh pemikiran teologis tertentu dan pemikiran fiqh tertentu. Pemikiran keagamaan \r\ntersebut seakan-akan dianggap telah merepresentasikan Islam. Umat Islam hanya mewarisi saja apa \r\nyang telah dilahirkan ulama klasik sebagaimana adanya. Sikap yang demikian membuat terabaikannya \r\npemikiran keagamaan yang lain. Di samping itu pemikiran Islam menjadi tidak tersentuh oleh kritik, \r\npemikiran keagamaan diterima begitu saja kebenarannya, dan tanpa disadari berubah menjadi pemikiran \r\nyang kaku, sempit dan tertutup. Pemikiran Islam justru lebih menonjolkan watak ideologisnya \r\ndaripada sikap menghargai keragaman satu sama lain. Dalam suasana pemikiran Islam yang demikian \r\nHarun Nasution hadir dengan gagasan Islamologinya. Islamologi Harun berusaha untuk mengatasi sikap \r\ndogmatisme pemikiran keagamaan secara berlebihan. Islamologi Harun ingin memberikan suatu metode \r\ntertentu bagaimana seharusnya Islam dipahami. Penelitian ini mencoba mengemas pemikiran keislaman \r\nHarun Nasution secara lebih diskursif dalam bingkai Islamologi yang digagas oleh Muhammad Arkoun. \r\nPemilihan tokoh Harun Nasution dalam skripsi ini karena sikap kritis dan pendekatannya yang \r\nrasional dan ilmiah dalam memahami Islam.\r\n\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif dalam penelitian ini fokus \r\npada studi kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis, yaitu \r\nsuatu pendekatan filasafat yang ingin mencari struktur dasar dari sebuah objek penelitian, dalam \r\nhal ini adalah pemikiran Harun Nasution. Rumusan masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini \r\nadalah, 1. Bagaimana pandangan Harun Nasution tentang Islam?, 2. Bagaimana gagasan Islamologi Harun \r\nNasution?. Sedangkan tujuan dan kegunaan dalam penelitian ini ialah, 1. Ingin mengethui bagaimana \r\npandangan Harun Nasution tentang Islam, 2. Ingin mengetahui bagaimana gagasan Islamologi Harun \r\nNasution.\r\n\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa Islamologi Harun Nasution berpijak pada dua hal, yaitu \r\nkritik historis dan kritik epistemologis. Melalui kritik historis Harun ingin menunjukkan tentang \r\nkeluasan ajaran Islam. Ajaran Islam tidak hanya didominasi oleh\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nvii\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nwacana pemikiran teologis dan fiqh tertentu. Banyak ajaran Islam yang dapat dijadikan pemahaman \r\nalternatif. Semua ajaran tersebut berada dalam koridor Islam, karena ajaran tersebut bersumber dari \r\nal-Qur’an dan Hadis. Tapi yang perlu dipahami oleh umat Islam adalah posisi ajaran Islam selain \r\nal-Qur’an dan Hadis. Semua ajaran Islam selain al- Qur’an dan Hadis sifatnya relatif, dan tidak \r\nmengikat. Ajaran-ajaran tersebut lahir dalam proses sejarah yang panjang, di dalamnya penuh dengan \r\nmuatan historis dan terikat dengan sejarah. Umat Islam perlu meninjau kembali secara historis apa \r\nyang melatar belakangi proses lahirnya ajaran Islam tersebut untuk memperoleh pemahaman yang utuh. \r\nPada kritik epistemologi Harun ingin memberikan landasan epistemologis dalam memahami dan mengkaji \r\nIslam. Melalui kritik epistemologis Harun Nasution ingin mempertegas wilayah ajaran Islam yang \r\nsifatnya absolut dan ajaran Islam yang sifatnya relatif. Kritik epistemologis diarahkan Harun pada \r\najaran Islam yang sifatnya relatif. Wilayah ajaran Islam yang sifatnya relatif inilah yang ingin \r\ndikembangkan Harun Nasution agar lebih kontekstual dan sesuai dengan perkembangan zaman."^^ . "2019-08-19" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM: 13510020"^^ . "ZAYYADI"^^ . "NIM: 13510020 ZAYYADI"^^ . . . . . . "ISLAMOLOGI HARUN NASUTION (Text)"^^ . . . . . "13510020_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ISLAMOLOGI HARUN NASUTION (Text)"^^ . . . . . "ISLAMOLOGI HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "ISLAMOLOGI HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "ISLAMOLOGI HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "ISLAMOLOGI HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "ISLAMOLOGI HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ISLAMOLOGI HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ISLAMOLOGI HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ISLAMOLOGI HARUN NASUTION (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #37416 \n\nISLAMOLOGI HARUN NASUTION\n\n" . "text/html" . . . "Jenis-jenis Musik" . .