@incollection{digilib37499, volume = {-}, month = {May}, author = {Ghuyub Catlea Azalea and Raden Mas Muhammad Drecantya Arrahim and Zulia Latifatul Maksumah and Nafi Fithratul Qoriah}, series = {prosiding}, booktitle = {PROCEEDING SEMINAR HASIL PENELITIAN EKSPERIMEN 2019 ?Cluster Tema : Personality and Character}, address = {Yogyakarta}, title = {EKSPLORASI GAME ONLINE PADA SMARTPHONE TERHADAP AGRESIVITAS}, publisher = {LABORATORIUM PSIKOLOGI PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, year = {2019}, pages = {1--6}, keywords = {Kata Kunci : agresivitas, perilaku agresif, game online, smartphone}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37499/}, abstract = {Perkembangan teknologi yang semakin pesat, mempengaruhi peningkatan penggunaan internet pada masyarakat. Salah satunya di bagian hiburan seperti halnya meningkatnya bermain game online. Game online sendiri memiliki sifat dasar yang menyenangkan, menantang, dan membuat ketagihan. Bentuk game yangmengandung unsur kekerasan mampu menimbulkan perilaku yang agresif pada diri pemainnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh memainkan game online terhadap agresivitas pemainnya. Penelitian ini menggunakan 20 mahasiswa laki-laki di Yogyakarta, yang dibagi sama rata kedalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Game online yang dilakukan dalam eksperimen ini adalah game online dengan unsur kekerasan, yaitu menggunkan game Player Unknown Battlegrounds (PUBG). Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian game online (PUBG) tidak memberikan pengaruh terhadap agresivitas pemainya. Kata Kunci : agresivitas, perilaku agresif, game online, smartphone} }