TY - CHAP CY - Yogyakarta ID - digilib37499 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37499/ A1 - Azalea, Ghuyub Catlea A1 - Muhammad Drecantya Arrahim, Raden Mas A1 - Maksumah, Zulia Latifatul A1 - Qoriah, Nafi Fithratul N2 - Perkembangan teknologi yang semakin pesat, mempengaruhi peningkatan penggunaan internet pada masyarakat. Salah satunya di bagian hiburan seperti halnya meningkatnya bermain game online. Game online sendiri memiliki sifat dasar yang menyenangkan, menantang, dan membuat ketagihan. Bentuk game yangmengandung unsur kekerasan mampu menimbulkan perilaku yang agresif pada diri pemainnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh memainkan game online terhadap agresivitas pemainnya. Penelitian ini menggunakan 20 mahasiswa laki-laki di Yogyakarta, yang dibagi sama rata kedalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Game online yang dilakukan dalam eksperimen ini adalah game online dengan unsur kekerasan, yaitu menggunkan game Player Unknown Battlegrounds (PUBG). Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian game online (PUBG) tidak memberikan pengaruh terhadap agresivitas pemainya. Kata Kunci : agresivitas, perilaku agresif, game online, smartphone M1 - - TI - EKSPLORASI GAME ONLINE PADA SMARTPHONE TERHADAP AGRESIVITAS AV - public EP - 6 Y1 - 2019/05/23/ PB - LABORATORIUM PSIKOLOGI PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kata Kunci : agresivitas KW - perilaku agresif KW - game online KW - smartphone T3 - prosiding SN - 978-602-60774-6-2 SP - 1 T2 - PROCEEDING SEMINAR HASIL PENELITIAN EKSPERIMEN 2019 ?Cluster Tema : Personality and Character ER -