eprintid: 3752 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/37/52 datestamp: 2012-08-14 14:53:51 lastmod: 2017-03-17 02:51:44 status_changed: 2012-05-04 16:45:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ETI ROHAETI NIM: 05470012, title: MEMBERDAYAKAN MAHASISWA DIFABEL DI PERGURUAN TINGGI ISLAM (Studi Terhadap Pusat Studi dan Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Mahasiswa Difabel, Pendampingan note: Pembimbing : Muh.Agus Nuryanto, Ph.D abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pusat studi dan layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai sebuah lembaga otonom yang mempunyai konsentrasi dalam isu-isu difabel dan memberikan layanan kepada mahasiswa difabel UIN Sunan Kalijaga. Sebagai lembaga pendidikan inklusif, UIN Sunan Kalijaga memberikan berbagai kebijakan dalam memberdayakan mahasiswa difabel untuk menciptakan lingkungan kampus yang aksessibel dan ramah difabel serta multikukltural. Fokus permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah konsep pemberdayaan yang dilakukan oleh Pusat Studi dan Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam memberdayakan mahasiswa difabel, bagaimana praktek pemberdayaan itu dan dilakukan, dan faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pemberdayaan mahasiswa difabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang pemberdayaan mahasiswa difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dilakukan oleh Pusat Studi dan Layanan Difabel. Penelitian ini menggunakan model penelitian lapangan (field research) yang bermaksud untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang, keadaan sekarang, dan suatu interaksi sosial, individu, kelompok, lembaga, dan masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, mengikuti paradigma penelitian kualitatif yang dilakukan terhadap variable mandiri, yaitu tanpa membuat pembanding atau menghubungkan dengan variable yang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pemberdayaan yang dilakukan oleh Pusat Studi dan Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terhadap mahasiswa difabel, praktek pemberdayaan yang dilakukan, dan faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan adalah:1) berdasar pada konsep enyadaran, pengorganisasian, dan pelatihan terhadap mahasiswa difabel. 2) praktek pemberdayaan yang dilakukan adalah dengan berbagai pelatihan, kegiatan dan pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa difabel, seperti: training, workshop, jaringan kerjasama, dan lain-lain. 3) Faktor-Faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan praktek pemberdayaan bagi mahasiswa difabel: faktor penghambat yaitu kurangnya pengalaman difabilitas,kurangnya minat dari sebagian mahasiswa difabel, belum mempunyai standar manajemen yang memadai dan faktor pendukung yaitu terdapat perekrutan relawan (pendampingan), kelengkapan sarana dan prasarana yang aksesibel. date: 2010-02-15 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2010-03-12 11:14:39 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--etirohaeti-3525-1-etiroha-m.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/71/digilib-uinsuka--etirohaeti-3525-1-etiroha-m.pdf ; url download server lama : /download.php?id=4226 ; nama file lama : ETI ROHAETI 05470012 MEMBERDAYAKAN MAHASISWA DIFABEL DI PERGURUAN TINGGI ISLAM.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 462726 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2010 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: ETI ROHAETI NIM: 05470012, (2010) MEMBERDAYAKAN MAHASISWA DIFABEL DI PERGURUAN TINGGI ISLAM (Studi Terhadap Pusat Studi dan Layanan Difabel UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3752/1/BAB%20I%2C%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3752/2/BAB%20II%2C%20III.pdf