%A NIM: 15240105 DWI MAKRIFAKUL KASANAH %O Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si. %T STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA TERAS DAKWAH YOGYAKARTA TAHUN 2018 %X ABSTRAK Dwi Makrifakul Kasanah (15240105), Strategi Pemasaran lembaga Teras Dakwah Yogyakarta Tahun 2018 Salah Satu Pusat Kegiatan Dakwah Di Yogyakarta, skripsi ini jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, September 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapakn oleh LembagaTeras Dakwah Yogyakarta. Latar belakang masalah penelitian ini adalah umumnya pemasaran menjadi kebutuhan dasar setiap perusahaan maupun lembaga, baik yang bergerak dibidang laba maupun nirlaba. Tujuan dari strategi pemasaran adalah memahami keinginan dan kebutuhan konsumen sehingga apa yang di inginkan konsumen dapat terpenuhi. Dengan begitu rencana yang dibuat oleh perusahaan atau lembagadalam melaksanakan pemasaran dapat berjalan dengan baik. LembagaTeras Dakwah merupakan lembagayang bergerak di bidang sosial agama. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan data primer dan data sekunder yag diambil melauli teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setalah data-data terkumpul kemudian mengklarifikasikan mengedit dan menyajikan data sesuai jenis-jenis data. Sebelum data terkumpul dianalisis terlebih dahulu dan mengecekkan keabsahannya dilakukan melalui metode triangulasi. Temuan dalam penelitian ini yaitu pengunaan media sosial sebagai salah satu cara untuk mempromosikan produk atau kegiatan yang akan dilaksanakan mampu menarik banyak jemaah untuk mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu dengan tema-tema yang digunakan mengenai berita apa yang sedang di perbincangakan banyak orang sehingga banyak pemuda dan mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan atau kajian tersebut. Banyaknya masyarakat yang antusias mengikuti kajian yang dilaksanakan mampu memberikan damapak positif untuk lembagaTeras Dakwah sendiri selain itu juga ada beberapa kegiatan yang berbasi sosial keagamaan juga mampu menarik minat jemaah untuk menyesihkan sebagain dari pengahasilannya untuk di sumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, lembaga Teras Dakwah %K Strategi Pemasaran, lembaga Teras Dakwah %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib37529