relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37602/ title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK FISIKA PADA MATERI TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS VII SMP IT RAUDHATUS SALAAM YOGYAKARTA creator: FITRIA SUSANTI, NIM 12690030 subject: Fisika subject: Pendidikan Fisika description: ABSTRACT This study aims to develop media of comic physics on subject solar system and determine the quality of comic physics on subject solar system had developed. This research is Research and Development (R&D) with Four-D model. There are 4 stages in Four-D model; (1) Define, (2) Design, (3) Develope, (4) Disseminate. This research is restricted in Develop stages, that is until the assessment stage by experts and science teacher. Instruments used in this research are interview paper, validation paper, and assessment paper. Assessment of quality product is used Likert scale with4 scale in checklist model. The research data analysed used a descriptive analysis. The results of qualitative data were converted into quantitative data for assessment scores. The quantitative data were changed into qualitative data to determine the quality of the comics. The research has shown that comic physics of the solar system has been successfully developed through several processes, which are student characteristic analysis, design and production of early products, validation and stage revision, assessment of quality product and secondstage revision. It was presented in full colour book. The comic contained a narrative explanation of story line, characters introduction, a summary of the material, and practice questions. The quality of comic physics based on the assessment of material expert, media expert, and science teacher is very good (SB) with average score in a row are 3,39, 3,67, and 3,36. Keywords: Development, Learning Media, Physics Comic, Solar System INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik fisika materi tata surya dan mengetahui kualitas komik fisika materi tata surya yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Four-D. Model pengembangan ini memiliki 4 langkah utama yaitu (1) Define, (2) Design, (3) Develope, (4) Disseminate. Penelitian ini dibatasi pada langkah Develop, yaitu sampai pada tahap penilaian oleh para ahli dan guru IPA. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar penilaian untuk ahli. Penilaian kualitas produk menggunakan skala likert dengan 4 skala yang dibuat dalam bentuk checklist. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskritptif. Hasil penelitian yang berupa data kualitatif diubah menjadi data kuantitatif untuk memperoleh skor penilaian. Setelah itu data kuantitatif diubah lagi ke kualitatif untuk menentukan kualitas komik fisika. Hasil penelitian diperoleh bahwa komik fisika materi tata surya telah berhasil dikembangkan melalui beberapa proses/tahapan, yaitu analisis karakteristik siswa; analisis materi; desain dan pembuatan produk awal; validasi dan revisi tahap pertama; penilaian kualitas produk dan revisi tahap kedua. Komik fisika materi tata surya disajikan dalam bentuk buku full colour. Secara garis besar komik ini memuat tentang penjelasan alur cerita, pengenalan tokoh, ringkasan materi, dan latihan soal. Kualitas komik fisika berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru IPA adalah Sangat Baik (SB) dengan rata-rata skor bertutut-turut adalah 3,39, 3,67, dan 3,36. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Komik Fisika, Tata Surya date: 2019-08-21 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37602/1/12690030_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37602/2/12690030_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf identifier: FITRIA SUSANTI, NIM 12690030 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK FISIKA PADA MATERI TATA SURYA UNTUK SISWA KELAS VII SMP IT RAUDHATUS SALAAM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.