@phdthesis{digilib37610, month = {July}, title = {STUDI KOMPARASI KELAS HOMOGEN DAN KELAS HETEROGEN TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI SMA/MA}, school = {UIN Sunan Kalijaga}, author = {NIM 15680019 Kharisma Arby Ristiana Wati}, year = {2019}, note = {Sulistyawati, S.Pd.I., M.Si.,}, keywords = {Kelas Homogen, Kelas Heterogen, Tingkat Partisipasi, Hasil Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37610/}, abstract = {Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan antara kelas homogen dan kelas heterogen terhadap tingkat partisipasi dan hasil belajar pada kelas XI materi sistem reproduksi. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif menggunakan studi komparasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan tiga kelas, yaitu kelas heterogen, kelas homogen PA, dan kelas heterogen PI. Instrumen pengambilan data menggunakan data tes pilihan ganda (posttest) dan angket tingkat partisipasi. Teknik analisis data menggunakan uji statistikAnova satu jalur (one way Anova) serta uji Tukey sebagai uji lanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat partisipasi pada kelas heterogen, kelas homogen PA dan kelas homogen PI tidak terdapat perbedaan dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,122 yang berarti 0,122 {\ensuremath{>}} 0,05 dan Fhitung sebesar 2,185 {\ensuremath{<}} Ftabel. 2) hasil belajar pada kelas heterogen, kelas homogen PA, kelas homogen PI terdapat perbedaan dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05 dan Fhitung sebesar 52,657 {\ensuremath{>}} Ftabel, berdasarkan uji tukey kelas yang mempunyai nilai hasil belajar terbaik adalah kelas homogen PA. Kata kunci : Kelas Homogen, Kelas Heterogen, Tingkat Partisipasi, Hasil Belajar} }