eprintid: 37620 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/76/20 datestamp: 2020-04-24 03:18:10 lastmod: 2020-04-24 03:18:18 status_changed: 2020-04-24 03:18:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Faizah Agustina Putri, NIM. 15680042 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA ispublished: unpub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Belajar, Hasil Belajar note: Annisa Firanti, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievment Divisions (STAD) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada materi pokok sistem koordinasi, 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievment Divisions (STAD) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI pada materi pokok sistem koordinasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian True Experimental dengan desain Pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI MIPA yang terdiri dari 4 kelas. Sampel Penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan instrument berupa lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan teknik tes, dengan instrument berupa soal pretest dan posttest materi sistem koordinasi. Teknik analisis data motivasi belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney, dan analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievment Divisions (STAD) terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukan dari hasil uji Mann Whitney menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,026 > 0,05. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievment Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukan dari hasil uji Mann Whitney Asymp. sig. sebesar 0,040 > 0,05. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Belajar, Hasil Belajar date: 2019-07-22 date_type: published pages: 202 institution: UIN Sunan Kalijaga department: Fakultas Sains dan Teknologi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Faizah Agustina Putri, NIM. 15680042 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37620/1/15680042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37620/2/15680042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf