%A NIM. 15680054 Mukhammad Nur Fatoni %O Dr. Widodo, M.Pd., %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEADS TOGETHER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe number heads together terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Banguntapan, 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe number heads together terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Banguntapan. Penelitian ini termasuk penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu, kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunnakan angket dan tes. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney untuk data motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, 1) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe number heads together terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan dari hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai sig. 0,731>0,05; 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe number heads together terhadap hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai sig. 0,000<0,05. Kata kunci: Number Heads Together, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, %K Number Heads Together, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, %D 2019 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib37627