%0 Thesis %9 Skripsi %A Muhammad Mubtaghil Fadlla, NIM. 14490018 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2019 %F digilib:37628 %I UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Manajemen, Sumber Daya Manusia, Madrasah Diniyah. %P 112 %T MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR KITAB KUNING (STUDI KASUS DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37628/ %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan MDNU dalam meregenerasi ustad yang baru lulus, sehingga dengan adanya manajemen sumber daya manusia diharapkan bisa memperbaiki regenerasi ustad. Ustad yang baru lulus agar beradaptasi sebaik mungkin, agar terciptanya tujuan organisasi yang sudah dirancang sebelumnya. Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul sudah sewajarnya dari pihak MDNU memfasilitasi berbagai kekurangan yang ada pada ustad yang baru lulus. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta di mulai dari manajemen sumber daya manusia, serta faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen sumber daya manusia. Hal ini di karenakan Madrasah Diniyah Nurul Ummah sebagai lembaga pendidikan non formal yang memperbaiki kesulitan yang terjadi pada sumber daya manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian dalam pemeriksaan keabsahan data menggunakan cara triangulasi sumber data dan teknik serta dianalisis menggunakan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Konsep Manajemen Sumber Daya manusia dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Diniyah Nurul Ummah adalah: (a) sistem pengadaan melalui personalia melalui seleksi internal, (b) pelatihan pendalaman materi dilakukan seminggu sekali dan untuk pengembangan bisa dari undangan instansi maupun dari pihak Madrasah Diniyah Nurul Ummah, (c) para ustadz lapnang dada dalam menerima bisyaroh, tidak menjadi masalah bearti, (d) Integrasi dilakukan dari pihak Madrasah Diniyah Nurul Ummah demi mencocokkan setiap ustadz dengan ilmu pengetahuan yang disukai, (e) Pemeliharaan berupa piket menjaga kebersihan lingkungan setiap hari. (2) Faktor Pendukung: adanya komitmen yang tinggi dari setiap individu, kerjasama yang baik antar ustadz, suasana kantor yang harmonis, sarana prasarana yang memadai, setiap selesai imtihan ada refreshing antar ustadz, hubungan yang baik antar masyarakat disekitar, perpustakaan Az-Ziyadah. Selanjutnya Faktor penghambat: beban kerja, administrasi yang memprihatinkan, belum beradaptasi mengajar, kurangnya ustadz pengampu sorogan %Z Drs. Edy Yusuf Nur SS MM M.Si,