TY - THES N1 - Dr. Muhajir, M. Ag. ID - digilib37705 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37705/ A1 - Ruliana Khasanah, NIM. 1620410089 Y1 - 2019/08/09/ N2 - RULIANA KHASANAH, Kerangka Pengajaran Bahasa Asing Level A1-A2 Standar CEFR, ( Studi Pendekatan Filsafat Bahasa). Tesis. Yogyakarta: Program Magister pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya pengaruh kerangka kerja CEFR sebagai acuan dalam pembelajaran, pengajaran dan evaluasi bahasa asing, khususnya bahasa Arab, sehinga kerangka pengajaran bahasa harus dikembangkan sedemikian rupa demi tercapainya tujuan pembelajaran dan pengajaran. Penelitian ini berfokus pada kerangka pengajaran bahasa Arab pada level A1-A2 secara umum. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep kerangka pengajaran bahasa Arab pada level A1-A2 ditinjau dari pendekatan filsafat bahasa (Konstruktivisme dan Tranformatif Generatif). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis analisisnya adalah analisis dokumen (Library Research) dan mengambil objek penelitian dokumen CEFR di Eropa. Data diolah dengan menggunakan metode dokumentasi dari segi penyajiannya dan metode deskriptif dari segi analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerangka pengajaran bahasa Arab level A1-A2 yang mengacu standar CEFR untuk pembelajar bahasa meletakkan dasar umum untuk karakterisasi terperinci dari tujuan dan isi serta tingkat kompetensi linguistik, komunikatif dan budaya. Adapun unsur-unsur studi filsafat bahasa (Konstruktivisme dan Transformatif Generatif) dilihat dari tiga sisi; Pertama, Isi. Isi dalam CEFR berupa skema deskriptif yang memuat aspek kebahasaan, keterampilan berbahasa dan kosakata disajikan bersamaan sebagai satu kesatuan dengan mempertimbangkan tingkat perkembangan kognitif, emosional dan sosial budaya. Kedua, Tujuan dan prinsip. Tujuan pengajaran bahasa Arab standar CEFR adalah mengukur dan menilai kemampuan bahasa Arab sesuai dengan levelnya dan kriteria yang ditetapkan dalam CEFR serta mengenalkan aspek budaya pada pemelajar bahasa. Ketiga, Level dan skala. Pemelajar tingkat A1 adalah mereka yang benar-benar baru mempelajari bahasa dan belum memiliki pengetahuan berbahasa di bahasa target. Sedangkan tingkat A2 adalah pemelajar yang sudah dapat berkomunikasi meskipun masih dengan bahasa yang sederhana. Materi dalam CEFR mencangkup 2 sasaran kemampuan bahasa; keterampilan berbahasa dan kompetensi kebahasaan. Konsep pengajaran bahasa dalam CEFR menggunakan pendekatan komunikatif. Metode pengajarannya dengan general approach, roles of (teachers, learners and media), roles of text, roles of tasks and activities, communicative strategies, general competences, linguistic competences, sociolinguistik competences, dan pragmatic competences. Serta menggunakan ?Can-do? sebagai strategi dalam aktivitas bahasa komunikatif. Kata kunci: Kerangka Pengajaran, Bahasa Asing, Bahasa Arab, Level A1-A2, CEFR PB - UIN Sunan Kalijaga KW - Kerangka Pengajaran KW - Bahasa Asing KW - Bahasa Arab KW - Level A1-A2 KW - CEFR M1 - masters TI - KERANGKA PENGAJARAN BAHASA ASING LEVEL A1-A2 DALAM STANDAR CEFR(STUDI PENDEKATAN FILSAFAT BAHASA) AV - restricted EP - 219 ER -